Warga Langensari Banjar Antusias Ikuti Pemilihan BPD Secara Langsung

Antusias warga di salah satu TPS dalam mengikuti pemilihan BPD Langensari, Kec. Langensari, Kota Banjar, Minggu (11/03/2018). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ribuan warga Desa Langensari, Kec. Langensari, Kota Banjar, antusias mengikuti pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang digelar di enam Tempat Pemungutan Suara (TPS), atau sebagaimana daerah pemilihan (Dapil) yang ditentukan, Minggu (11/03/2018).

Warga antusias karena kali ini pemilihan BPD dilakukan secara langsung oleh seluruh warga yang punya hak pilih. Selain itu juga, ini merupakan hal yang baru meskipun tidak berbeda dengan pemilihan model pencoblosan pada Pilkada.

Pantauan HR Online di lapangan, pada semua TPS itu terdapat 3 calon berbeda, yang kemudian nantinya akan diambil satu orang terpilih berdasarkan suara terbanyak untuk mendapatkan 6 orang. Juga di semua TPS terdapat 3 calon keterwakilan perempuan yang sama untuk diambil satu orang terpilih guna menggenapkan 7 orang anggota BPD baru.

Untuk itu, warga yang punya hak pilih di setiap TPS yang ada, diberikan dua kartu suara untuk memilih calon dapil dan calon keterwakilan perempuan.

Jose, salah satu warga di salah satu TPS mengatakan, bahwa dirinya tidak kesulitan dalam memilih calon anggota BPD yang dijagokan di dapilnya. Bahkan, dia mengapresiasinya kini pemilihannya dilakukan secara demokrasi langsung.

“Kami apresiasi, ini menjadi hal yang baru dalam pemilihan BPD dilakukan secara langsung atau oleh seluruh warga hak pilih. Semoga saja menghasilkan anggota BPD terpilih yang benar-benar bisa menyerap dan memperjuangkan aspirasi warga setiap dapilnya,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Pemungutan Suara, Sadeli mengungkapkan, jumlah warga hak pilih atau DPT dalam pemilihan BPD Langensari ini sebanyak 6.650 orang, terdiri pemilih laki-laki 3.360 dan perempuan 3.290.

“DPT 6.650 itu mencakup TPS 1 sebanyak 1.158, 1.257 untuk TPS 2, 1.024 untuk TPS 3, 1.119 untuk TPS 4, 1.198 untuk TPS 5, dan 894 untuk TPS 6,” tuturnya.

Dari pantauannya, dia mengatakan bahwa pemilihan BPD berlangsung lancar dan aman. Bahkan, warga begitu antusias. Namun dia belum bisa mengutarakan secara pasti jumlah atau prosentase partisipasi warga pemilih.

“Penghitungan suara masih berlangsung. Hasilnya akan kami plenokan hari besok, Senin (12/03/2018),” katanya.

Hingga berita ini diturunkan siapa saja anggota BPD terpilih, belum diketahuinya karena KPPS masih sibuk menyelesaikan penghitungan suara. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar