Wow! Isi Daya Smartphone Bakal Dalam Hitungan Detik

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Semakin majunya teknologi smartphone saat ini terus dilakukan berbagai inovasi untuk mempermudah pengguna saat beraktivitas. Bahkan, upaya untuk mempersingkat pengisian daya smartphone terus dikembangkan.

Dikutip dari CNET, beberapa tahun lalu, di Eropa para peneliti berusaha agar teknologi pengisian daya cepat pada smartphone itu bisa terwujud. Hebatnya, target pengisian baterai itu dengan waktu beberapa detik saja.

Setelah dilakukan penelitian, ternyata para peneliti menemukan material ajaib yang disebut graphene. Material ini diyakini mampu menambah kecepatan saat proses pengisian baterai dengan waktu yang sangat singkat.

Kari Hjelt, Head Innovation Graphene Flagship, sebuah firma penelitian dari Eropa, membenarkan bahwa penelitian selama beberapa tahun lalu akhirnya menemukan titik cerah. Graphene, kata ia, merupakan material yang masih sangat muda. Sebab, seiring perkembangannya sejak 14 tahun silam graphene bisa menunjukkan sesuatu yang mengesankan bagi peneliti.

Kari menjelaskan, bahwa Graphene adalah sebuah lapisan tipis dari atom karbon murni yang bisa didapat melalui proses ekstrak grafit. Ia mengklaim proses ekstrak tersebut pertama kali dilakukan pada tahun 2004 silam.

Dari hasil penelitiannya itu, Kari mengungkapkan Graphene memiliki kekuatan 200 kali lipat dibanding dengan baja, serta lebih ringan dari pada kertas. Meski sudah ditemukan, namun graphene masih dalam proses dipasarkan. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar