10 Ribu UMKM di Pangandaran Serap Tenaga Kerja

Rakerda Dekopinda Pangandaran di salah satu aula hotel. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Pangandaran mengungkapkan penyerapan tenaga kerja di UMKM di Pangandaran sangat banyak.

Tedy Garnida, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Pangandaran, menyebutkan, di Pangandaran tercatat sekitar 10 ribu UMKM. Dengan jumlah tersebut, secara otomatis penyerapan tenaga kerja pun sangat banyak.

“Dengan adanya koperasi, sudah tentu tidak hanya membicarakan soal nilai jual suatu produk, namun juga ada tantangan untuk memproduksi suatu produk unggulan Pangandaran, seperti pemanfaatan pohon kelapa diolah menjadi berbagai macam kerajinan maupun olahan makanan,” kata Tedy di sela-sela kegiatan Rakerda Dekopinda Pangandaran di salah satu aula hotel, Senin (16/04/2018).

Tedy menambahkan, pihaknya terus melakukan pendataan terhadap UMKM yang ada di Pangandaran. Bahkan, telah bekerjasama dengan hotel-hotel yang ada sebagai sarana pemasaran produk UMKM melalui pemasangan outlet-outlet di hotel sebagaimana anjuran dari Bupati.

“Kita terus berupaya agar UMKM di Pangandaran terus berkembang. Seperti halnya produksi Kokopit (sabut kelapa), kita sudah tembus pasar internasional, bahkan dalam waktu dekat ini kita akan kirim dua kontainer ke Jepang. Ini membuktikan kalau potensi UMKM di Pangandaran sangat luar biasa sekali,” pungkas Tedy. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar