Agar Mendapatkan Hasil Maksimal, Begini Cara Benar Nyeduh Teh Hijau

Cara yang benar nyeduh teh hijau. Photo: Net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Tahukah Anda, menyeduh teh hijau tak boleh memakai air mendidih. Supaya hasilnya maksimal, ada teknik khusus bagaimana cara menyeduh teh hijau yang benar. Dikutip dari detikfood, cara benar nyeduh teh hijau, pertama pastikan teh hijau tidak diseduh menggunakan air mendidih, suhunya cukup 70 sampai 75 derajat Celsius.

Kemudian, takaran ideal untuk menghasilkan teh hijau dengan aroma dan rasa nikmat, yakni 1 gram daun teh diseduh dalam 100 cc air. Atau tinggal sesuaikan saja sesuai selera, misalnya mau membuat 200 cc teh hijau, maka beratnya harus 2 gram.

Namun, sebelum diseduh daun teh kering disiram air mendidih terlebih dahulu, cukup sebentar saja lalu ditiriskan. Setelah itu barulah diseduh dengan air panas. Saat sudah diseduh, daun teh hijau tidak boleh dibiarkan lama terendam air, karena rasanya akan pahit. Jadi, setelah 3 menit harus disaring.

Waktu ideal menyeduh teh dikisaran antara 2,5 menit sampai 3 menit, tergantung jenis teh hijau yang kita seduh. Kalau dibiarkan terlalu lama, misalnya 5 menit, pahitnya teh akan sangat terasa. Memang bisa ditambahkan gula agar terasa manis, namun sebaiknya sama sekali tidak menambahkan gula pada teh hijau.

Untuk teh hijau dalam bentuk kantung, sebaiknya simpan kantung teh dalam cangkir, baru kemudian tuangkan air panas. Biarkan paling lama 3 menit, kemudian angkat.

Seperti telah diketahui bahwa teh hijau sangat baik dikonsumsi rutin setiap hari untuk mendapatkan khasiat sehatnya. Bisa pagi atau sore hari. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar