Apa Iya Pasta Gigi Bisa Obati Jerawat? Ahli Kulit Ungkap Kebenarannya

Jengkel dengan jerawat yang muncul. Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Ada yang berpendapat bahwa pasta gigi bisa mengobati jerawat. Mungkin kamu juga termasuk yang pernah mencobanya. Tapi benarkan pendapat tersebut? Memang itu termasuk trik kuno yang murah meriah, dan sejumlah orang yang pernah mencobanya merasa jerawat jadi cepat kering.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin (02/04/2018), Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York City, mengatakan kepada Allure, bahwa ternyata trik pasta gigi bisa berhasil karena adanya bahan yang disebut triclosan.

Bahan tersebut digunakan untuk membantu mengobati jerawat karena bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi peradangan.

Namun, menurut Zeichner, sekarang ini hampir tidak ada pasta gigi yang mengandung triclosan. Meskipun masih digunakan untuk mengobati jerawat, mungkin bisa jadi karena pasta gigi dapat mengeringkan jerawat secara langsung.

Vitamin B12 Ampuh Bunuh Jerawat Seketika

Jerawat memang merupakan permasalahan klasik yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Tak hanya remaja yang sedang pubertas, namun orang dewasa pun terkadang jengkel dengan jerawat yang muncul tidak hanya di wajah, tapi juga di beberapa bagian tubuh lainnya.

Semua orang, termasuk juga kamu, pasti beranggapan dengan adanya jerawat sangatlah menyebalkan. Karena selain terasa sakit, tampilan kulit menjadi tidak cantik, apalagi bila jerawat yang muncul menimbulkan bekas.

Sayangnya, ketika jerawat datang, kamu sibuk mengobatinya dari luar. Padahal, faktor munculnya jerawat sebetulnya lebih banyak disebabkan dari dalam tubuh, termasuk dari makanan yang dikonsumsi.

Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk, menyarankan agar kamu banyak mengonsumsi vitamin B12 atau makanan yang mengandung vitamin B12.

“Vitamin B12 dapat mengubah sindrom metabolik bakteri penyebab jerawat, yakni propionibacterium acnes. Bakteri ini akan mengeluarkan senyawa penyebab timbulnya jerawat,” kata Dr. Huiyang Li, seorang peneliti dari University of California, Los Angeles.

Hasil penelitian mengungap bahwa mengonsumsi vitamin B12 bisa memangkas bakteri patogenesis baru penyebab jerawat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya biji-bijian, kacang-kacangan dan ikan salmon.

Kamu tertarik untuk mencoba mengusir jerawat dengan cara sehat ini? Selamat mencoba ya! (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA