Awas! Akibat Kebiasaan Ini, Penuaan Dini Terjadi Dalam Semalam

Tidur tengkurap. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Menjadi tua itu pasti, tapi penuaan dini adalah sesuatu yang bisa dihindari. Namun sayangnya, ada beberapa kebiasaan gaya hidup yang membuat hal ini justru malah lebih rentan terjadi. Salah satunya cara kamu tidur atau ritual sebelum tidur bisa membuat kamu jadi cepat menua dalam semalam.

Dikutip dari Women’s Health, Minggu (29/04/2018), dermatolog dan pendiri Visha Skincare, Purvisha Patel MD, membocorkan apa saja kebiasaan malam yang bisa mengakibatkan penuaan dini. Berikut adalah penjelasannya;

Tidur tengkurap

Patel mengatakan, gravitasi akan menang saat kita tidur tengkurap. Dalam hal ini, efek langsungnya wajah dan mata bengkak akibat cairan yang ditarik ke bawah oleh gravitasi, dan seiring waktu, kolagen akan terus berkurang serta wajah pun menjadi kendor. Untuk itu, Patel menyarankan agar kita tidur telentang, karena ini menjadi cara terbaik menjaga kekencangan wajah.

Tidak mencuci muka

Bagi wanita, memang jarang ada yang lupa menghapus make-up sebelum tidur, dan langkah ini jangan sampai dilewatkan. Sebab, mencuci muka sebelum tidur sangat penting untuk menyingkirkan kotoran, keringat, serta sisa make-up yang menempel di wajah seharian.

“Jika kamu berkeringat atau menggunakan make-up, maka pori-pori menjadi tersumbat dan bisa menyebabkan jerawat. Kalau kulit kamu berminyak, muka jadi terlihat semakin lepek dan berminyak,” jelas Patel.

Patel menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mampu mengeksfoliasi pori supaya kulit menjadi segar dan bisa beregenerasi ketika kamu tidur. Dengan begitu, maka penuaan dini tidak akan terjadi.

Menggunakan terlalu banyak produk

Kalau kamu menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit tanpa tahu kegunaannya masing-masing, tentu hal ini malah akan merugikan kulit. Menurut Patel, produk yang mengandung retinol memang berguna untuk mencegah kerut, tapi saat digabungkan dengan produk lain yang mengandung benzoyl peroxide untuk mencegah jerawat, maka hal ini justru malah akan membuat kulit menjadi kering dan meningkatkan iritasi.

Ketika kondisi kulit kering dan iritasi, kulit menjadi merah serta mengalami inflamasi. Ini mengakibatkan garis-garis halus jadi semakin terlihat jelas. Jadi, pilihlah produk yang kamu tahu pasti kegunaannya, sesuai dengan jenis kulit.

Tidak minum cukup air

Air merupakan komponen penting bagi kulit dan struktur di bawahnya. Ketika kamu dehidrasi, maka kulit akan kehilangan kesegaran dan kekenyalannya. Bila dilihat dari sudut pandang jangka pendek, dehidrasi akan membuat kulit jadi penuh kerut serta cekung di area mata. Jika hal ini terus terjadi, dehidrasi akan membuat kulit kehilangan kekenyalannya. Untuk itu, Patel merekomendasikan agar kita tidak lupa minum minimal enam gelas setiap harinya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA