Bantuan Alat Berat tak Kunjung Datang, Warga Panawangan Ciamis Gotong-Royong Bersihkan Material Longsor

Warga saat membersihkan material longsor secara bergotong royong. Foto: Ejdi Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pasca longsor yang terjadi akhir Bulan Ferbuari 2018 mengakibatkan jalan Dusun Kalapa, Desa Merkabuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis lumpuh total. Agar aktifitas sehari-hari kembali normal, warga bergotong-royong membersihkan material tanah yang menutupi jalan.

Kepala Dusun Kalapa, Ade Sambas, ketika ditemui Koran HR, Selasa (03/04/2018), membenarkan, material tanah longsor yang menutupi sepanjang jalan secara bertahap dibersihkan oleh warga.

Pembersihan ini, kata Ade, sudah berlangsung sekitar satu minggu. Menurut dia, hal itu dilakukan lantaran bantuan alat berat dari pemerintah untuk membersihkan material tanah tidak kunjung datang.

“Karena tidak kunjung datang (bantuan alat berat), warga bergotong-royong membersihkan material tanah dengan alat seadanya,” kata Ade.

Ketua RT setempat, Diah, ketika ditemui Koran HR, Selasa (03/04/2018), mengaku khawatir, material tanah yang menimbun jalan justru bergeser menimpa rumah warga jika tidak segera ditangani.

“Seandainya tidak secepatnya dibuang, kemudian justru diguyur hujan, maka material tanah itu bisa menimbun sebanyak 12 rumah warga dan satu masjid,” katanya.

Kaur Ekbang Desa Merkabuana, Anda Lesmana, ketika ditemui Koran HR, Selasa (03/04/2018), membenarkan, bantuan alat berat tidak kunjung datang, sehingga warga berinisiatif menyingkirkan material longsor tersebut dengan alat seadanya.

Anda menjelaskan, tanah di jalur tesebut memang sangat labil, sehingga wajar jika ada pergerakan tanah atau bahkan longsor. Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Pemerintah Desa Mekarbuana sudah membuat jalur evakuasi. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA