Banyak Posyandu di Pangandaran Masih Numpang di Balai Dusun

Kegiatan di salah satu Posyandu yang ada di Kabupaten Pangandaran. Photo: Istimewa.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dari jumlah 525 Pos Pelayanan Keluarga Berencana-Kesehatan Terpadu (Posyandu) yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, 190 diantaranya belum memiliki bangunan sendiri.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran, Dani Hamdani, mengatakan, dari jumlah 525 Posyandu, yang sudah punya bangunan permanen baru 333 Posyandu. Sedangkan, sisanya kebanyakan masih menumpang di balai dusun.

“Kami terus berupaya memaksimalkan aktivitas Posyandu, salah satunya mendirikan bangunan permanen tersendiri. Di tahun anggaran 2017, kami sudah melaksanakan pembangunan Posyandu di tujuh titik lokasi melalui APBD dengan nilai 150 juta rupiah per Posyandu,” terangnya, Senin (09/04/2018).

Dani menyebutkan, tujuh lokasi itu meliputi pembangunan Posyandu di Kecamatan Cijulang, Cimerak, Parigi, Padaherang, Mangunjaya, Langkaplancar, dan Kecamatan Pangandaran.

Sementara itu, Kabid. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Adat dan Hukum Dinsos PMD Kabupaten Pangandaran, Adang, menambahkan, untuk tahun 2018, pihaknya telah menganggarkan dari APBD untuk pembangunan Posyandu di tiga lokasi, yakni di Kecamatan Cigugur, Kalipucang dan Kecamatan Sidamulih.

“Untuk anggaran tahun 2018 ini, pembangunan Posyandu di tiga lokasi tersebut masing-masing dialokasikan 150 juta rupiah,” jelas Adang. (Mad2/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA