Belum Registrasi Kartu SIM Prabayar, Siap-siap 1 Mei 2018 Diblokir Total

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Kartu SIM prabayar yang belum diregistrasi mulai diblokir oleh masing-masing operator seluler. Pemblokiran dimulai seperti bisa menerima telpon atau SMS (pesan singkat) namun tidak bisa mengirim, tidak bisa mengakses internet sampai nanti 1 Mei 2018 diblokir total.

Mengutip dari tekno.liputan6.com, dikatakan Ketua Badan Regulasi dan Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Achmad M. Ramli, bahwa pihaknya telah mengirimkan surat edaran yang ditujukan kepada semua provider seluler, agar melakukan eksekusi rencana memblokir SIM card prabayar sampai waktu yang sudah ditentukan.

“Surat tersebut untuk pemblokiran akses internet, sehingga 1 Mei mendatang seluruhnya telah beres,” jelas Ramli.

Ramli menambahkan, harapan dari adanya program ini yaitu bisa mengurangi penipuan atau pesan sampah yang sering diterima oleh masyarakat, lewat layanan pesan singkat atau telpon.

Untuk informasi, dari himbauan pemerintah kepada seluruh operator seluler, akan memblokir nomor prabayar pelanggan lama dengan bertahap yang dimulai 1 Maret kemarin.

Untuk tahap pertama, jika pelanggan belum merigistrasi SIM card maka akan diblokir pesan singkat atau SMS masuk atau keluar dan panggilan telpon hingga 28 April 2018.

Dan jika tetap belum dilakukan registrasi sampai 30 April 2018, maka akan diblokir total yaitu per 1 Mei 2018. Pada pemblokiran total ini, semua layanan baik pesan singkat, telpon bahkan sampai akses internet tidak lagi dapat dipakai.

Sampai saat ini, operator seluler terus mengirim pemberitahuan kepada pelanggannya lewat SMS untuk merigistrasi ulang dan pemblokiran akses internet, namun jika sudah melakukan registrasi maka abaikan pemberitahuan tersebut.

Sekedar mengingatkan, berikut ini cara meregistrasi lewat SMS untuk Anda yang baru membeli SIM card atau pelanggan lama.

Untuk Pelanggan Baru
# Operator Indosat, Smartfren, dan Tri
NIK#NomorKK#

# Telkomsel
Reg(spasi)NIK#NomorKK

# XL Axiata
Daftar#NIK#Nomor KK

Apabila sudah mengetik cara di atas, kemudian kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444.

Untuk Pelanggan Lama
# Indosat, Smartfren, dan Tri
ULANG#NIK#NomorKK#

# Telkomsel
ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

# XL Axiata
ULANG#NIK#NomorKK

Apabila sudah mengetik cara di atas, kemudian kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA