Benarkah Tidur Selalu Larut Malam Menandakan Insomnia?

Tidur selalu larut malam. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Tidur selalu larut malam atau dini hari tidak selalu menandakan kalau Anda mengalami insomnia. Menurut dokter, bisa saja hal itu akibat Anda mengalami gangguan tidur lain atau disebut gangguan irama sirkadian.

Seperti dijelaskan dr. Astuti, SpS(K)., dari Klinik Gangguan Tidur, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, bahwa insomnia adalah gangguan tidur yang meliputi sulit untuk memulai tidur, sulit mempertahankan tidur atau kerap bangun saat tidur, dan juga bangun tidur terlalu awal. Dengan demikian, perlu diingat apakah kebiasaan seseorang tidur larut malam memiliki gejala-gejala tersebut.

“Misalnya, karena pekerjaan jadi sering tidur larut malam atau dini hari. Tapi tak masalah tidurnya, dalam arti pekerjaannya selesai jam 2 pagi tapi bisa langsung tidur nyenyak dan waktunya cukup 7 jam, berarti bukan insomnia. Namun, itu namanya gangguan irama sirkadian,” jelas dr. Astuti, seperti dilansir detikhealth, beberapa waktu lalu.

Lain halnya jika memang Anda sudah ingin tidur dari pukul 10 atau 11 malam, tapi baru bisa tertidur pukul 2 pagi. Dikatakan dr. Astuti, itulah yang disebut sebagai insomnia.

Lanjut dr. Astuti, irama sirkadian atau biasa disebut ritme sirkadian (circadian rhythm), merupakan fungsi tubuh yang mengatur kapan waktu tidur dan kapan harus bangun. Normalnya, irama sirkadian mengatur seseorang mulai mengantuk dari jam 8 sampai 9 malam, dan akan tertidur pada jam 10 malam.

Namun, bagi orang yang mengalami gangguan irama, tubuh baru bisa mengantuk setelah lewat dari waktu normal. Inilah yang menyebabkan waktu bangun tidur yang idealnya jam 5 pagi menjadi mundur hingga jam 9 atau 10 pagi.

Meski begitu, dr. Astuti menjelaskan bahwa gangguan irama bisa dikembalikan untuk normal dengan beberapa langkah. Salah satunya melalui terapi kognitif khusus untuk gangguan tidur. terapi ini akan dibantu oleh dokter.

“Tapi akibat sendirian di rumah juga bisa. Misalnya membuat jadwal tidur dan bangun yang pasti. Caranya dengan memprogram waktu tidur lebih awal, yakni jam 12 malam. Kalau sudah bisa, nanti lebih awal lagi menjadi jam 11, lalu jam 10, dan baru kembali normal jam 21.00 WIB. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar