BKIPM dan Politeknik KP Pangandaran Lepasliarkan 1000 Kepiting Bakau

Kepiting Bakau yang akan dilepasliarkan BKIPM di Sungai Cikidang Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung dan BKIPM Cirebon bersama Politeknik KP Pangandaran melepasliarkan 1000 ekor Kepiting Bakau (Scylla spp.) di Sungai Cikidang beberapa waktu lalu.

Kepiting bakau yang ditebar di sepanjang sungai Cikidang tersebut merupakan hasil sitaan BKIPM yang tidak sesuai ukuran untuk diekspor serta kepiting yang tengah bertelur saat ditangkap.

Ketua BKIPM Bandung, Deddy Arief Hendriyanto, mengatakan, melalui penebaran kepiting bakau ke alamnya itu guna mencegah kepunahan spesies serta agar kepiting tersebut berkembang biak dengan baik di alam.

“Kita libatkan berbagai elemen, termasuk dari nelayan, masyarakat maupun Taruna Politeknik dengan harapan mereka dapat menyebarluaskan informasi ini betapa pentingnya menjaga kelestarian kepiting bakau,” kata Deddy seperti rilis yang diterima HR Online, Kamis (26/04/2018).

Dalam konservasi kepiting bakau serta menangkap komoditas kepiting ini, lanjut Deddy, harus sesuai aturan sebagaimana PERMEN KP No 56 Tahun 2016 tentang Larangan penangkapan dan/atau pengeluaran Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp.) dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA