Dari 115 Koperasi di Banjar, Hanya 32 yang Aktif

Puluhan pengelola koperasi tidak aktif kembali diberi pemahaman manajeman pengelolaan koperasi oleh DKUMKMP Kota Banjar, di RM. Bu Joko, Kamis (26/04/2018). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Jumlah koperasi yang aktif di Kota Banjar saat ini hanya mencapai puluhan unit dari 115 unit yang terdaftar. Pasalnya, masih banyak koperasi yang tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara rutin.

Demikian diungkapkan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Banjar saat melaksanakan pelatihan manajemen pengelolaan koperasi/KUD, di Rumah Makan Bu Joko, Kamis (26/04/2018).

“Jumlah koperasi yang berada di Kota Banjar sampai saat ini ada sebanyak 115 unit, dan yang telah melaksanakan RAT dalam tahun terakhir atau di 2017 lalu hanya sebanyak 32 koperasi,” ungkap Kepala Dinas KUMKMP Kota Banjar, Saefudin.

Menurutnya, 32 koperasi atau 28 persen koperasi di Kota Banjar tersebut dinyatakan sehat karena rutin melaksanakan RAT, sedangkan sisanya bisa dikatakan tidak sehat.

“Jadi otomatis masih ada sekitar 83 koperasi yang tidak aktif,” tandasnya.

Kabid Koperasi dan UMKM, Neneng Widya Hastuti, dan Kasi Koperasi, Ago Wijaya, menambahkan, diundangnya para pengelola koperasi yang tidak aktif dalam kegiatan ini tiada lain untuk memberikan dorongan semangat supaya bangkit.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya memberikan pemahaman tentang manajemen kelembagaan, usaha dan tata kelola administrasi keuangan pada mereka.

“Termasuk agar koperasi bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada anggota serta produktivitas usaha koperasi itu sendiri,” jelas Ago. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar