Harga Jual di Pasar Anjlok, Petani Jeruk Lemon di Sidaharja Ciamis “Menjerit”

Puluhan petani jeruk lemon di wilayah Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengeluh lantaran harga jual jeruk lemon di pasaran saat ini anjlok. Foto : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan petani jeruk lemon di wilayah Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengeluh lantaran harga jual jeruk lemon di pasaran saat ini anjlok. Menurut petani penurunan harga jual jeruk lemon di pasaran saat ini merugikan mereka.

Eeng, petani jeruk lemon, ketika ditemui Koran HR, Selasa (17/04/2018), mengungkapkan bahwa saat ini nasib petani jeruk lemon sedang berada di ujung tanduk. Menurut dia, petani berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis memberikan solusi terkait persoalan tersebut.

“Harga lemon saat ini terus anjlok. Padahal sekitar Bulan Desember 2017 harga lemon masih stabil di angka Rp. 12.000 perkilogram. Saat ini harganya terus merosot, hingga Rp. 1.200 perkilogram,” katanya.

Ketua Kelompok Petani Lemon Kecamatan Pamarican, Nasuha, ketika ditemui Koran HR, Selasa (17/04/2018), mengatakan, saat ini pihaknya sedang berusaha mendatangkan investor ke Pamarican untuk menganggulangi krisis harga lemon.

“Tujuan mendatangkan investor ini tidak lain agar petani lemon disini kembali sejahtera. Dan langkah yang kami tempuh sudah mulai ada titik terang. Insyaallah secepatnya (investor) akan datang ke Sidaharja. Mudah-mudahan nanti investornya tertarik,” katanya.

Selain mendatangkan investor, Nasuha menambahkan, pihaknya juga akan berupaya untuk menemui Dinas Pertanian Kabuaten Ciamis. Pihaknya berharap bantuan permodalan bagi para petani lemon.

“Kami berharap ada perubahan, misalnya adanya pabrik pengolahan lemon disini, agar nasib petani terangkat. Ini juga berpeluang membuka lapangan kerja baru buat masyarakat Sidaharja dan sekitarnya,” kata Nasuha.

Sekretaris Desa Sidaharja, Alimudin, ketika ditemui Koran HR, Selasa (17/08/2018), tidak menyangkal bahwa saat ini petani lemon sedang kebingungan lantaran harga jual lemon di pasaran anjlok.

“Di Sidaharja ada sekitar 73 petani dengan luas lahan sekitar 10 hektar dan 10.320 pohon,” katanya.

Pada panen kali ini, kata Alimudin, banyak buah lemon yang terbuang percuma karena tidak laku terjual di pasaran. Pihaknya mengaku akan mencari jalan keluar untuk mengatasi persoalan yang dihadapi para petani. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar