Hari Kemasyarakat ke-54, Lapas Kelas II B Ciamis Ajak Napi Bersih-bersih Masjid

Pegawai Lapas Kelas II B Ciamis bersama Kepolisian serta warga binaan saat bersih-bersih halaman Masjid Agung Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis menggelar bakti sosial bersih-bersih di halaman Masjid Agung Ciamis dalam rangka Hari Kemasyarakat ke-54 Kemenkum HAM, Sabtu (22/04/2018). Selain itu, Lapas Kelas II B Ciamis ini juga mengenalkan dunia luar kepada para Napi yang sebentar lagi bakal bebas.

Kepala Lapas Kelas II B Ciamis, Gumilar Budi Rahayu, mengatakan, bahwa kegiatan tersebut pihaknya melibatkan sebanyak 15 Napi yang tidak lama lagi akan bebas. Hal itu guna mengenalkan para Napi meski dengan waktu singkat ke dunia luar Lapas.

“Kita kemas peringatan Hari Kemasyarakatan ini dengan baksos bersama Napi di Masjid Agung Ciamis. Yang dibawa oleh kita ini merupakan warga pilihan. Sehingga, mereka tidak akan bertindak atau melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Adapun dipilihnya Masjid Agung Ciamis ini, sudah kita ketahui ini sarana ibadah masyarakat,” jelasnya kepada HR Online.

Selain melibatkan Napi, lanjut Gumilar, pihaknya juga bersinergi dengan pihak-pihak lain, seperti DKM Masjid. “Kami akan terus melakukan hal ini serta akan menggandeng instansi lain, termasuk kita juga tidak hanya di sarana ibadah saja, tapi di tempat lain kita juga selenggarakan bakti sosial,” pungkasnya.

Menanggpi hal itu, pengurus DKM Masjid Agung Ciamis, Iskandar, sangat menyambut baik baksos yang dilakukan Lapas Kelas II B Ciamis ini. Tak hanya bersih-bersih saja, para peserta juga mengajak warga lainnya untuk menjaga kebersihan masjid, apalagi di tempat-tempat umum lainnya.

“Ke depan setelah mereka (Napi) bebas, mudah-mudahan mereka lebih dekat dengan Masjid serta turut serta dalam memakmurkan masjid,” singkatnya. (Heri/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA