Hasil Penelitian, Mesin Pengering Tangan Sebarkan Bakteri

Mesin pengering tangan yang biasanya ada di toilet. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Hati-hati jika Anda ingin mengeringkan tangan sehabis buang air kecil atau besar. Lebih dianjurkan memakai tisu atau media lainnya asal jangan menggunakan mesin pengering tangan yang biasanya ada di toilet umum. Pasalnya, mesin tersebut ternyata menjadi sarana untuk menyebarkan bakteri.

Dikutip dari Tech Times, sebuah penelitian yang dilakukan University of Connecticut School of Medicine dan diterbitkan di Applied and Environmental Microbiology journal, melakukan studi di 36 toilet di semua kampus.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mencoba menaruh piring khusus di bawah mesin pengering tangan kurang lebih 30 detik. Hasilnya, melalui alat pemindaian bakteri, ternyata ditemukan 18 sampai 60 jenis bakteri, salah satunya bakteri Bacillus subtilis.

Bakteri Bacillus subtilis adalah bakteri yang menghuni usus manusia dan Staphylococcus aureus, ialah bakteri yang berhubungan dengan infeksi serius.

Bagaimana mesin pengering tangan bisa menyebarkan bakteri? Menurut riset tersebut, mesin pengering yang mengalirkan udara hangat itu mengisap mikroba atau bakteri dari ruangan.

Bakteri yang dihisap oleh mesin pengering tangan itu kemudian dikeluarkan kembali saat mesin hidup, baik ke tangan atau ke seluruh ruangan. Itu dikarenakan blower yang ada di mesin tersebut berenergi tinggi.

Diketahui bahwa saat mesin tidak jalan, maka koloni bakteri yang keluar hanya enam, akan tetapi ketika mesin jalan atau hidup rata-rata bakteri yang keluar yaitu sebanyak 60 koloni.

Bukan hanya bakteri, penelitian itu mengungkapkan bahwa pengering tangan tersebut juga menyebarkan spora serta patogen yang bisa berbahaya untuk kesehatan manusia.

Menurut para ilmuwan, salah satu cara agar tetap menggunakan mesin pengering tangan namun tidak menyebarkan bakteri yaitu dengan memakai filter High-Efficiency Particulate Air (HEPA).

Memang filter HEPA ini tidak bisa menghilangkan seluruh bakteri yang ada di mesin itu, namun diyakini bisa menyaring 75% bakteri atau patogen yang berbahaya. Sayangnya tidak seluruh mesin pengering tangan memakai filter HEPA. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar