Hebat, Puskesmas Langkaplancar Pangandaran Dapat Nilai Akreditasi Utama

Kepala UPTD Puskesmas Langkaplancar, Yana Taryana, saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Puskesmas Langkaplancar resmi mendapatkan akreditasi dengan nilai yang sangat fantastis, yakni Utama. Nilai akreditasi Utama ini merupakan predikat satu-satunya di Kabupaten Pangandaran, bahkan di Priangan Timur.

Perlu diketahui, akreditasi Puskesmas diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang telah ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan. Dengan nilai utama yang melekat pada Puskesmas Langkaplancar tersebut, diasumsikan Puskesmas tersebut telah memenuhi standar.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Langkaplancar, Yana Taryana, melalui akreditasi tersebut yang nilainya sangat membanggakan menunjukkan upaya pihaknya dalam meningkatkan mutu pelayanan untuk memberikan kepuasan terhadap masyarakat sudah bisa terukur.

“Alhamdulillah, kerja keras Pemkab Pangandaran melalui Dinas Kesehatan ini mendapatkan nilai yang memuaskan. Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu dibenahi, di antaranya penambahan ruang pendaftaran, ruang rekam medis, ruang IGD dan ruang lansia,” jelasnya kepada Koran HR, Selasa (27/03/2018).

Sejak dibangun tahun 2013 silam, jelas Yana, dalam pembangunan Puskesmas Langkaplancar masih terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan Permenkes No 75 tahun 2014. Selain itu, tenaga honorer yang cukup banyak di Puskesmas Langkaplancar serta program yang dipegang bukan oleh ahlinya juga menjadi tantangan tersendiri ke depannya untuk dibenahi.

“Dari nilai akreditasi ini kita semakin terpacu untuk membenahi berbagai hal yang memang perlu, terutama mutu pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Ditemui terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan, Trisno, mengatakan, pihaknya bangga dengan hasil yang dicapai Puskesmas Langkaplancar, yakni mendapat nila Utama. Sebab, nilai tersebut baru satu-satunya di Pangandaran, bahkan di Priangan Timur.

“Ini menjadi motivasi Puskesmas Langkaplancar untuk meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat. Kami harap Puskesmas lain juga bisa mendapatkan nilai Utama ini,” katanya.

Menanggapi SDM di Puskesmas Langkaplancar yang perlu dibenahi, Trisno harap perekrutan tenaga PNS ke depannya bisa menjadi solusi hal tersebut. “Semoga saja ke depan ada perekrutan tenaga PNS untuk Puskesmas Langkaplancar agar pelayanannya semakin baik,” pungkasnya. (Aceng/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar