Ini Manfaat Mengunyah Permen Karet yang Jarang Diketahui

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Atlet-atlet olahraga di luar negeri seperti pemain sepakbola atau bisbol, kalau kita cermati sering mengunyah permen karet saat pertandingan. Salah satu alasan mereka mengunyah permen karet yaitu untuk membantu konsentrasi.

Selain para atlet, permen karet juga biasanya dikunyah saat bosan, menunggu atau lakukan saat waktu luang.

Lantas apa manfaat lain dari permen karet? Berikut ini manfaatnya yang dirangkum dari The health site.

# Meningkatkan semangat

Dilaporkan dari jurnal Nutritional Neuroscience tahun 2009 mengungkapkan bahwa permen karet yang dikunyah mempunyai manfaat guna meningkatkan semangat serta kewaspadaan.

Jadi, apabila Anda sebelum menjalankan aktivitas sehari-hari sering lemas karena tidak ada tenaga, maka tidak ada salahnya mengunyah perman karet.

# Mengurangi stres

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa permen karet bisa menenangkan suasana hati yang sedang galau atau stres.

# Solusi untuk diet

Salah satu alternatif untuk mengurangi nafsu makan karena sedang menerapkan pola diet, maka tidak salahnya mengunyah permen karet. Pasalnya, permen karet yang dikunyah itu bisa menekan nafsu makan dengan ’mengerem’ jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

# Meningkatkan konsentrasi

Seperti halny yang dilakukan para atlet sepakbola atau lainnya, permen karet bisa membantu mereka untuk meningkatkan konsentrasi.

# Mencegah gigi berlubang

Biasanya permen merusak gigi, namun permen karet malah membantu menjaga gigi agar tidak rusak atau berlubang. Selain itu, permen karet juga bermanfaat menjaga kebersihan mulut dan mencegah mulut agar tidak kering. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA