Ini Media Sosial Pengganti Facebook dengan Keamanan Lebih Baik

Media sosial Facebook. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Beberapa tahun ke belakang Facebook bisa dikatakan sebagai ‘penguasa’ media sosial. Akan tetapi beberapa hari ini, media sosial yang diprakarsasi oleh Mark Zuckerberg ini sedang dalam masa-masa kritis.

Hal itu akibat dari kasus yang menimpa Facebook terkait bocornya 50 juta data pemakai Facebook oleh pihak ketiga, yang diduga disalahgunakan dalam pemenangan Pilpres Amerika Serikat 2016 lalu.

Sehingga tidak sedikit banyak kicauan warganet di dunia #DeleteFacebook, salah satunya eks co-founder WhatsApp Brian Acton. Tutorial tentang cara menghapus media sosial ini juga banyak beredar di internet.

Meski Facebook sedang ‘diterpa badai’, namun masih banyak juga pengguna setia yang tidak ingin berpaling dari jejaring sosial yang satu ini. Salah satu kemungkinannya karena diyakini belum ada media sosial yang pas dengan hati warganet seperti platform Facebook.

Namun Anda jangan salah sangka dulu, karena ada alternatif lainnya yang platformnya hampir sama dengan Facebook yaitu masih dapat saling berkomunikasi dengan kerabat, teman, atau komunitas.

Dikutip dari Gadgets Now, berikut ini media sosial yang diklaim memiliki platform yang hampir sama dengan Facebook, bahkan diyakini mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi.

# MeWe

Medsos yang satu ini mengaku mempunyai tingkat keamanan sangat baik, seperti pengguna tidak akan terlacak karena tidak memakai cookies, tidak men-share informasi pengguna, profil akan aman karena tidak akan keluar di mesin pencari, serta tidak ada iklan.  

MeWe juga sama dengan Facebook yaitu bisa memperbaharui status, share video, foto, dokumen serta voice mail. Selain itu bisa juga membuat komunitas atau grup, chatting, menulis agenda di penanggalan.

Sementara untuk mengundang kerabat atau teman caranya hanya bisa dengan lewat e-mail. Untuk lini masa beranda dapat dilihat oleh siapa saja, dan disetting sendiri oleh pemakainya.

Jika Anda baru mendaftar akun MeWe, maka Anda akan mendapatkan storage dengan kapasita delapan gigabyte di My Cloud. Sedangkan untuk mengunduhnya bisa didapatkan di Apps Store atau toko aplikasi Android secara gratis.

# Diaspora*

Medsos lainnya yaitu Diaspora* atau dispersal of seeds over a wide area. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya penyebaran benih di area yang luas. Maksud dari benih itu sendiri adalah orang yang menyebar di berbagai negara di belahan dunia.

Sementara tanda bintang (*) di atasnya diartikan sebagai bunga dandelion. Benih dari bunga dandelion mudah mengapung sehingga terbawa angin kemudian menebar ke yang lebih luas.  

Dari sisi privasinya untuk pengguna, Diaspora* mengklaim lebih bagus dari pada facebook atau MeWe. Contohnya, Anda dapat mengorganisasi kontak, sehingga status yang dipublikasikan cuma dapat dibaca oleh orang yang Anda pilih, seperti kerabat atau teman dekat.

Diaspora* sama seperti Facebook atau MeWe, bisa menshare atau menyebarluaskan cideom foto atau mention teman. Selain itu, Anda juga bisa mengatur profil dengan sedikit data pribadi, misalnya foto profil, atau mengambil topik dengan memberi tanda tagar.

Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store, namun sayangnya aplikasi ini hanya baru bisa dipasang di Android. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA