Jangan Diulangi, Ini Kesalahan Fatal saat Menyimpan Smartphone

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Zaman now, smartphone rupanya menjadi barang yang sangat begitu penting. Bagaimana tidak? Mau ke tidur, makan sampai ke toilet pun tidak lupa dibawa.

Namun, meski begitu penting, tidak sedikit orang yang salah atau terkesan asal-asalan saat menyimpan smartphone-nya. Padahal, akibat dari kesalahan itu bisa berakibat fatal buat smartphone.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan cara menyimpan smartphone yang sering dilakukan banyak orang, padahal cara tersebut adalah salah atau tidak benar, karena akan berdampak pada ponsel itu sendiri atau kesehatan.

# Saku depan

Cara menyimpan smartphone di saku depan memang umum dilakukan oleh para kaum pria. Pasalnya, pria tidak suka membawa tas seperti halnya wanita.

Menyimpan smartphone di saku depan apalagi celana model jeans tentu yang pertama adalah risiko terhadap ponsel itu sendiri. Celana jeans yang ketat akan menekan smartphone di saku depan, apalagi saat duduk atau ponsel itu ukurannya besar. Yang sering rusak dari smartphone biasanya adalah layarnya terlebih dulu.

Risiko kedua adalah dari sisi kesehatan. Meski ada yang menyangsikan bahwa smartphone mengandung radiasi, akan tetapi tidak salah jika harus waspada.

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau smartphone memancarkan radiasi elektromagnetik. Radiasi tersebut ternyata bisa mempengaruhi kuantitas maupun kualitas sperma.

# Saku belakang

Cara menyimpan smartphone di belakang biasanya dilakukan wanita atau pria yang memakai celana jeans dan ukuran ponsel tersebut besar. Lantas apa risiko dari cara yang salah tersebut? Yang pertama adalah gesekan antara saku belakang dengan layar ponsel cerdas dapat mengakibatkan terjadinya chat ataupun panggilan yang tidak disengaja.

Kemudian risiko lainnya, jika lupa tidak mengambil terlebih dulu smartphone-nya ketika akan duduk maka kemungkinan besar ponsel itu akan rusak karena adanya tekanan antara sandaran duduk dengan bokong.

Selain itu juga risiko menyimpan ponsel di saku belakang adalah rentan di curi atau juga jatuh yang tidak disadari atau ketahuan.

# Di bawah bantal

Sama seperti yang dijelaskan di atas bahwa smartphone mengandung radiasi elektromagnetik, yang jika disimpan dibantal tentu dekat dengan kepala, maka bahayanya adalah akan terkena sakit kepala.

Parahnya lagi seperti banyak kejadian smartphone meledak saat dicharger dan mengakibatkan korban tewas, hal itu disebabkan karena smartphone disimpan di dekat bantal.

Kerugian lainnya dari cara ditersebut ialah smartphone ketika menerima pesan atau notifikasi pasti layarnya akan menyala. Nah, dari sinar layar yang menyala itu dapat memproduksi melatonin yang mengakibatkan gangguan tidur.

# Di dalam BH

Menyimpan smartphone di dalam BH tau bra memang jarang dilakukan. Meski jarang bukan berarti tidak ada yang melakukan. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan mengungkapkan bahwa smartphone yang disimpan di dalam BH dapat menyebabkan risiko terkena kanker payudara. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar