Jangan Isi Daya Smartphone di Tempat Umum! Ini Bahayanya

Mengisi daya smartphone di tempat umum. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Kehabisan baterai di tempat umum terkadang membuat panik. Tapi, hal itu bisa teratasi karena banyak tempat pengisian daya smartphone gratis yang dipasang di tempat-tempat umum.

Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghimbau agar masyarakat waspada terhadap tempat tersebut. Karena, bisa saja ada pihak yang tidak bertanggungjawab dan mencuri data dari perangkat smartphone kamu.

Dilansir OkezoneTechno, dalam akun Instagram Kominfo, Jum’at (20/04/2018), menyebutkan bahwa kasus ini sebagai juice jacking, atau pembajakan data smartphone melalui kabel data USB ketika melakukan pengisian daya di tempat umum.

Selain ada potensi pengambilan data, juice jacking juga diduga akan menyematkan kode berbahaya ke perangkat korbannya. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi para korbannya. Namun, Kominfo punya beberapa tips buat kamu agar terhindar dari potensi berbahaya juice jacking, dan berikut ini adalah tipsnya;

Pertama, jangan mengisi ulang perangkat mobile di tempat-tempat publik dengan port USB. Gunakan kepala charger dan kabel USB milik sendiri untuk dihubungkan langsung ke sumber listrik. Pakai powerbank. Biasakan mematikan smartphone ketika mengisi daya untuk menghindari pemindahan data, atau gunakan kabel USB yang hanya ditujukan untuk mengisi daya saja.

Jadi, kalau kamu kehabisan daya di tempat umum, mulai sekarang sebaiknya kamu berpikir dua kali untuk mencolokkan smartphone ke pengisian daya di tempat umum agar terhindar dari bahaya juice jacking. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA