Kamu Harus Tahu! Ini Dampak Buruk Kebiasaan Pakai Tisu Pembersih Make Up

Kebiasaan memakai tisu pembersih make up. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Jika kamu termasuk yang orang suka memakai tisu pembersih make up, mulai sekarang kamu harus berhati-hati. Karena ternyata, pemakaian tisu penghapus make up bisa berdampak buruk bagi kulit wajah. Sebab, bahan-bahan yang terkandung di dalam kertas pembersih tersebut bukan untuk digunakan harian.

Dilansir KOMPAS.com, aturan itu tetap berlaku, meskipun tisu tersebut berlabel ‘organik’ atau ditujukan buat kulit sensitif yang diklaim memiliki kandungan khusus. Namun, mengapa hal ini membahayakan kulit wajah? Berikut penjelasannya;

Ada tiga hal yang harus diperhatikan. Pertama, kandungan alkohol pada tisu. Rasa segar saat kamu mengusapkannya ke wajah berasal dari alkohol yang menguap dari kulit. Bila ini berlanjut bisa membuat kulit mengalami dehidrasi.

Hal berikutnya yakni gesekan bahan kertas pembuat tisu pada kulit. Saat menggunakan pembersih wajah, kamu bisa melakukan pijat ringan di wajah dengan jari. Ini artinya kamu tidak menarik atau meregangkan pori-pori wajah. Sebab, wajah harus dirawat dengan lembut.

Kalau kamu memiliki pori-pori kulit hidung dan dagu yang terlihat, dan kulit wajah yang dehidrasi, bisa jadi itu akibat tisu pembersih make up. Karena, untuk kulit sensitif, gesekan dari tisu dapat mengakibatkan pembuluh darah yang kecil dan tipis menjadi rusak. Sedangkan, yang bisa memulihkan kondisi seperti ini cuma perawatan laser yang harganya mahal.

Hal lain yang perlu dipikirkan lagi adalah mengenai residu tisu yang menempel di kulit. Pasalnya, apa pun yang bisa dengan mudah membersihkan kulit secara cepat, itu berarti punya campuran kandungan kimia yang keras.

Ketika kita mengusap kulit wajah menggunakan tisu tersebut, kita akan meninggalkan residu tisu pada kulit. Kalau setelah itu kita mengaplikasikan serum ke wajah, maka residu tersebut ikut terserap ke dalam kulit. dan jika setelah itu kita mengaplikasikan moisturizer, residu kimia tersebut akan terkurung di dalam kulit.

Perlu diketahui pula bahwa fungsi kulit sebagai organ detoksifikasi. Kalau kamu tetap melakukan hal di atas, itu berarti kamu memaksa kulit untuk bekerja lebih keras lagi sehingga akan memperburuk kondisi kulit.

Jadi, kalau kamu memang suka dengan cara membersihkan wajah menggunakan tisu pembersih, jangan lupa bersihkan juga residunya menggunakan air. Ini untuk memastikan tidak ada residu yang tersisa di kulit.

Untuk keperluan sekali-kali, tisu pembersih make up masih bisa digunakan, misal saat kamu tengah berada di perjalanan dan membutuhkan pembersihan wajah yang cepat. Tetapi akan lebih baik jika kamu membawa pembersih dengan ‘travel size’ supaya bisa dibawa ke mana pun kamu pergi. Namun, jangan lupa lengkapi dengan sedikit kapas pembersih. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar