Kata Peneliti, Kebiasaan Bangun Kesiangan Berisiko Cepat Meninggal

Bangun kesiangan. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Beberapa orang seringkali punya masalah pola tidur yang tidak teratur, sehingga mereka pun tidur terlalu larut. Hal ini tentu menjadi penyebab bangun kesiangan. Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkap, pola tidur yang tidak teratur itu bisa membuat Anda meninggal lebih cepat.

Dilansir Tech Time, pekan lalu, hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan dengan meneliti pola tidur partisipan sekitar 433 ribu orang selama 6,5 tahun menunjukkan, mereka yang cenderung aktif di malam hari mengalami peningkatan risiko kematian 10 persen, dibanding dengan mereka yang punya pola tidur normal.

Dalam hal ini, para peneliti memang tidak menemukan penyakit spesifik yang diderita, namun mereka mengungkapkan bahwa peserta penelitian yang aktif di malam hari memiliki risiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular, serta jenis penyakit kanker tertentu seperti kanker payudara dan prostat.

Sedangkan, salah seorang peneliti dari sekolah kedokteran Feinberg di Northwestern, Kristen Knutson, mengatakan, mereka yang punya pola tidur tak teratur cenderung menderita penyakit diabetes, gangguan psikologis, pencernaan, pernapasan, dan gangguan saraf.

Para peneliti juga menjelaskan, genetik serta lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab pola tidur tidak teratur. Untuk memperbaiki pola tidur, salah satu caranya yakni Anda harus pergi ke luar rumah dan beraktivitas di pagi hari.

Selain itu, bila ingin mendapatkan pola tidur yang lebih baik, Anda harus menerapkan pola hidup sehat dan menyadari pentingnya waktu untuk tidur.

Menurut Knutson dan koleganya, perilaku sosial juga dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Salah satunya yakni pengusaha yang bisa mengatur jam kerja karyawannya tanpa mengganggu jam tidur mereka di malam hari. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA