Kebiasaan Mengucek Mata dengan Tangan Bisa Berbahaya Lho

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Jika Anda mempunyai kebiasaan mengucek mata ketika baru bangun tidur, sebaiknya mulai dari sekarang jangan diulangi lagi kegiatan tersebut. Karena, meski hanya terlihat sepele namun mengucek mata malah mendatangkan penyakit.

Menurut para dokter atau ahli mata, bahwa mata yang kita miliki ini salah satu organ tubuh yang mempunyai tidak sedikit pembuluh darah. Sehingga, mengucek mata sama saja dengan memberi gangguan terhadap kinerja pembuluh darah.

Bukan itu, berikut ini HR Online merangkum dari berbagai sumber kebiasaan mengucek mata yang akan membahayakan kesehatan mata Anda.

# Penyakit konjungtivitis

Dirangkum dari WebMD, konjungtiva adalah jaringan bening serta tipis yang ada di mata dengan warna putih pada bagian dalam kelopak mata.

Nah, biasanya saat mengucek mata tangan yang digunakan untuk mengucek tak selamanya bersih atau ada bakteri juga virus, yang kemudian menjalar ke bagian mata serta kadang-kadang dapat menimbulkan infeksi atau konjungtivitis.

Jika sudah terkena infeksi, maka pengobatannya biasanya sebentar atau tak membutuhkan waktu yang lama, namun itu juga tergantung dari parah atau tidak infeksi tersebut.

# Penyakit keratokonus

Seperti dikutip Vision Eye Institute, kebiasaan tersebut bisa dikhawatirkan terkena penyakit keratokonus. Jadi jika terus menerus mengucek mata bisa mengakibatkan kornea lema kelamaan menjadi tipis, sehingga kemampuan dari kornea tersebut akan lemah serta semakin terdorong atau mengkerucut keluar.

Gejala orang terkena keratokonus umumnya yang dirasakan adalah daya penglihatan menjadi buram atau kabur, kemudian mata menjadi sensitif pada cahaya, serta penglihatan seperti berkabut.

Apabila belum begitu parah, mata dapat dibantu dengan memakai lensa kontak. namun, jika tidak bisa ditolong dengan lensa kontak, maka perlu dilakukan operasi atau cangkok kornea.

# Memperburuk penglihatan

Bagi Anda yang rabun jauh atau miopia sebaiknya hindari mengucek mata, karena nantinya akan bertambah buruk penglihatannya. Rabun jauh terjadi karena disebabkan mata tak bisa memfokuskan cahaya yang masuk ke retina. Sehingga miopia yang retinanya sudah lemah malah bertambah parah kondisinya dengan tekanan yang terus-menerus akibat mengucek mata.

# Timbul lingkaran hitam

Dermatolog di Beverly Hills, Amerika Serikat, Tsippora Shainhouse seperti mengutip dari Reader’s Digest, mengatakan, bahwa kebiasaan mengucek mata bisa mengakibatkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Meski terbilang sepele namun bisa merusak penampilan Anda.

Tsippora Shainhouse menyarankan untuk Anda yang sering mengucek mata pada malam hari, sebaiknya gunakan krim hemorrhoid untuk ‘menghilangkan’ pembuluh darah yang kelihatan.

Sedangkan untuk menghilangkan lingkaran hitam, caranya adalah dengan mengompres mata menggunakan timun yang dipotong-potong. Timun kaya akan kandungan sodium yang fungsinya mengangkat air di bawah mata. (Adi/R5/HR-Online)