Kembangkan Potensi Wisata, Dispar Ciamis Dongkrak Kompetensi SDM Pariwisata

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis saat ini mulai fokus membangun sumber daya manusia (SDM) sektor pariwisata. Upaya tersebut sengaja dilakukan seiring berjalannya program pengembangan dan pembangunan infrastuktur kepariwisataan di Kabupaten Ciamis.

Kepala Dispar Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto, kepada awak media, Senin (02/04/2018), menegaskan upaya yang saat ini dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kompetensi para pelaku dan penggerak pariwisata.

Toto menjelaskan, salah satu upaya meningkatkan SDM sektor pariwisata adalah dengan melibatkan pelaku dan penggerak pariwisata, termasuk pemandu wisata, melalui kegiatan bimbingan teknis terpadu.

Lebih lanjut, Toto menuturkan, pihaknya ingin menjual potensi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis sekaligus tetap mempertahankan karakter serta budaya yang sudah ada di masyarakat.

Pada kesempatan itu, Toto mencontohkan soal karakter dan budaya masyarakat Bali yang tidak terpengaruh oleh kehadiran turis atau wisatawan. Untuk itu, pihaknya ingin menerapkan konsep tersebut di Kabupaten Ciamis.

Toto menambahkan, sektor pariwisata di Kabupaten Ciamis memiliki potensi besar untuk berkembang. Kerena menurut dia, Kabupaten Ciamis memiliki potensi wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah.

“Akan kita bangun secara bertahap. Semoga pariwisata Kabupaten Ciamis lebih maju dan berkembang,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran HR, sebanyak 40 orang pelaku dan penggerak pariwisata dari sejumlah destinasi mengikuti kegiatan bimbingan teknis pemandu wisata terpadu yang diselenggarakan Dispar Kabupaten Ciamis di Hotel Pringan, Senin (02/04/2018).

Sebelumnya, Dispar Kabupaten Ciamis juga menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengelolaan manajemen jasa ekonomi kreatif, kerajinan, kuliner dan barang seni lainnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif berdasarkan potensi setiap wilayah.

“Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Toto, Kepala Dispar Kabupaten Ciamis, beberapa waktu lalu. (Deni/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar