Khawatir Memangsa Ternak, Warga Parungsari Banjar Tangkap Ular Sanca Sepanjang 3 Meter

Warga Lingkungan Parungsari, RT.15, RW.6, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, berhasil menangkap seekor ular jenis Sanca Kembang di sebuah kebun. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Warga Lingkungan Parungsari, RT.15, RW.6, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, berhasil menangkap seekor ular jenis Sanca Kembang di sebuah kebun, Minggu (01/04/2018) lalu. Penangkapan ular sepanjang 3 meter itu dilakukan oleh empat orang.

Ular tersebut pertama kali ditemukan oleh Ketua RW setempat, Sunaryo (53), saat dirinya sedang membersihkan kebun. Tanpa disengaja, arit yang digunakan mengenai benda lunak dan mengeluarkan darah.

“Saya sedang bersih-bersih kebun karena rumput dan ilalang sudah tinggi-tinggi. Namun ketika bersih-bersih, arit yang saya pakai ini mengenai benda lunak dan kemudian ada bercak darah. Saat saya mengamati, ternyata arit ini mengenai punggung ular tersebut,” tuturnya, kepada Koran HR.

Kemudian, Sunaryo pun memberitahukan hal ini kepada Maman (50), tetangganya, dan selanjutnya Maman pun memberitahu warga lainnya. Tak berselang lama, warga beramai-ramai datang ke lokasi di mana ular itu berada, yang kemudian ular ditangkap oleh empat orang.

Penangkapan ular sempat menjadi tontonan. Menurut beberapa warga, setelah terjadi banjir memang kerap banyak ditemukan ular di kebun dekat tobong (tempat pembakaran bata merah) yang ada di lingkungan mereka.

Seperti dikatakan Ato (30), warga lainnya, bahwa ular ini diduga akibat terbawa arus Sungai Citanduy yang meluap ke kebun warga beberapa waktu lalu. Pasalnya, belum lama ini warga pun sempat menemukan banyak jenis ular lainnya di kebun.

Hal serupa dikatakan Rendra (27), warga lainnya. Menurut dia, ditemukannya sejumlah hewan melata, khususnya ular, memang sempat membuat warga resah. Sebab, mereka khawatir hewan-hewan tersebut memangsa ternak milik warga.

Kini, ular Sanca Kembang yang berhasil ditangkap itu disimpan di dalam sebuah kandang milik salah seorang warga. Rencananya ular ini akan dijual atau disembelih (Hermanto/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar