KKP Resmikan Balai Bengong di PPI Cikidang Pangandaran

Peresmian Balai Bengong di PPI Cikidang Pangandaran oleh Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) membangun Balai Bengong di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang Pangandaran. Balai yang berfungsi sebagai sumber informasi bagi para nelayan tersebut menjadi yang pertama kalinya di Indonesia dan menjadi prototipe bagi daerah-daerah lain. Pembangunan balai tersebut yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia tersebut rencananya sebanyak 22 unit.

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Sjarief Widjaja, mengatakan, Balai Bengong yang dibangun pada tahun 2018 di Pangandaran tersebut merupakan gagasan Menteri Susi yang mana akan dijadikan sumber informasi bagi para nelayan, termasuk kemajuan para nelayan.

“Seperti dengan dibangunnya KJA Offshore yang baru diresmikan presiden ini, masyarakat diharapkan dapat berbagai ilmu dan teknologi kelautan melalui tempat ini,” jelas Sjarief Widjaja kepada HR Online, Selasa (24/04/2018).

Dengan adanya Balai Bengong tersebut, lanjut Sjarief, para nelayan di waktu sore ataupun pagi setelah mendaratkan ikannya bisa berkumpul di tempat tersebut. Bukan hanya sekedar diskusi soal harga ataupun lainnya, namun di tempat tersebut akan didampingi petugas.

“Setelah PPI Cikidang yang diambilalih pengelolaannya oleh KKP, maka kami yang mengelola. Dengan begitu otomatis perhatiannya pun akan lebih besar dan kita mencoba ini sebagai contoh dan menjadikan satu sentra perikanan yang hebat untuk nelayan Pangandaran,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar