Kodim 0613 Ciamis Sulap Lahan Tidur Jadi Produktif

Lokasi lahan tidur yang digunakan oleh Kodim 0613 Ciamis untuk menanam berbagai jenis sayuran, pupuk kompos serta budidaya ikan lele. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- TNI dari Kodim 0613 Ciamis memanfaatkan lahan tidur di Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis dengan menanami berbagai sayuran serta pembibitan ikan lele.

Di tanah bekas Asrama Kodim 0613 Ciamis yang merupakan lahan milik Hankam seluas 1,5 hektar tersebut, para anggota TNI dibantu warga membudidayakan berbagai jenis tanaman sayuran.

Dandim 0613, Letkol Arm. Reza Nur Patria, mengatakan, penanaman berbagai sayuran serta pembibitan lele tersebut merupakan pemanfaatan lahan agar bisa lebih produktif.

“Lahan ini tadinya bekas asrama prajurit Kodim 0613 yang berada di teritorial Koramil 1301 Ciamis. Karena tanahnya sudah gambut dan bangunannya sudah tidak ada, maka kami buka kembali dengan penanaman berbagai sayuran serta pembibitan lele,” katanya kepada HR Online, Kamis (19/04/2018).

Melalui aktivitas produktif ini, lanjut Reza, ke depan lokasi tersebut bisa dijadikan tempat agrowisata bidang tanaman. Sehingga, para petani yang membutuhkan bibit tanaman bisa langsung datang ke lokasi tersebut.

Sementara untuk budidaya lele memanfaatkan kolam bekas yang ada di lokasi tersebut. Selain lele dan sayuran, lahan tersebut juga dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos.

“Tidak menutup kemungkinan kita bersama warga untuk menjadikan lahan ini sebagai destinasi wisata baru yang mana dapat mensejahterakan masyarakat sekitar. Maka dari itu, saya mengajak pemerintah setempat untuk bersama-sama memanfaatkan lahan ini, termasuk warga,” pungkasnya. (Es/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA