Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, Puskesmas Padaherang Pangandaran Masuk 9 Besar

Kepala Sub Bagian Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat, Ratu Siti Chodijah. Photo: Madlani/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Inovasi Lumbung Gizi Desa (Bugiza) Puskesmas Padaherang masuk 9 besar mewakili Kabupaten Pangandaran, dalam penilaian kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat, untuk maju ke tingkat nasional. Kompetisi ini dalam rangka gerakan One Agency One Innovation melalui Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) tahun 2018.

Kepala Sub Bagian Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat, Ratu Siti Chodijah, mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mengadakan kompetisi Inovasi Pelayanan Publik secara nasional.

“Tujuan diadakannya kompetisi ini agar kabupaten/kota di Jawa Barat semuanya punya inovasi terhadap pelayanan publik. Supaya lebih meningkatkan pelayanan publik, kita dorong kabupaten kota untuk memunculkan inovasi yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” terang Ratu Siti Chodijah, saat ditemui HR Online, di sela-sela kegiatannya di Puskesmas Padaherang, Kamis (19/04/2018).

Menurut Ratu Siti Chodijah, dengan adanya kompetisi ini ternyata inovasi pelayanan publik banyak tumbuh di daerah, termasuk di Kota Banjar. Namun sayangnya masih kurang terekpose, sehingga yang muncul hanya kabupaten/kota itu-itu saja.

Selain inovasi terhadap pelayanan yang langsung dirasakan masyarakat, cara membuat proposal juga banyak inovasinya. Hal tersebut harus sesuai dengan Permen PAN RB Nomor 3 Tahun 2018, yang diselaraskan sesuai pada kompetisi di tingkat nasional nanti.

Ratu Siti Chodijah menambahkan, tim penilai yang diterjunkan merupakan independen, yakni dari luar pemerintahan, seperti dari akademisi, pemerhati sosial dan juga dari pihak media.

“Dari 44 inovasi unggulan kabupaten/kota se-Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran masuk 12 besar urutan Inovasi Unggulan. Besok terakhir tim penilai akan ke Indramayu, yang sebelumnya sudah 3 minggu ini melakukan roadshow,” pungkasnya. (Madlani/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA