Lebih Sehat Mana Minum Air Dingin atau Hangat? Ini Penjelasannya

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Air minum sangat penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, air minum tidak bisa dipisahkan karena tanpa air, tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. Pasalnya, kurang lebih tujuh puluh persen cairan ada di tubuh manusia.

Air minum selain berguna menyegarkan tubuh kita kala suhu sekitar sedang panas-panasnya, juga sangat bermanfaat sebagai ‘transportasi’ yaitu mengalirkan nutrisi dari makanan ke beberapa organ lewat jaringan, dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

Lantas bagusan mana antara minum air dingin atau air hangat untuk tubuh kita? Berikut ini penjelasannya yang berhasil dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

# Manfaat air dingin

Banyak orang percaya bahwa minum air hangat lebih baik ketimbang air dingin. Padahal pandangan tersebut salah. Minum air dingin sangat membantu menyegarkan tubuh kita dikala sehabis berolahraga yang banyak mengeluarkan keringat.

Atau saat kondisi cuaca yang sedang panas-panasnya yang tentu bisa menguras energi di dalam tubuh, sehingga dengan meminum air dingin bisa menurunkan suhu tubuh akibat cuaca.  

Dan khasiat lainnya dari minum air dingin yaitu bisa untuk yang ingin diet. Alasannya, air dingin yang kita minum akan menambahkan kerja metabolisme tubuh sehingga lemak yang ada di tubuh bisa terbakar. Dari pembakaran lemak tersebut hasil akhirnya yaitu berat badan menjadi turun.

# Manfaat air hangat

Minum air hangat tidak kalah bermanfaatnya dengan air dingin. Seperti kita ketahui, air hangat yang dipadukan dengan teh atau perasan jeruk lemon sangat baik untuk tubuh kita, terutama bisa sebagai detoksi atau ‘penawar’ racun yang ada di dalam tubuh.

Manfaat lainnya, meminum air hangat kala pagi hari sudah lama digunakan sejak zaman Ayurveda dan China kuno sebagai obat, diantaranya mencegah sembelit, memperlancar sistem pencernaan dan aliran darah ke usus.

Sementara jika Anda sedang terserang pilek atau batuk, cara mudah untuk membantu pernapasan dan mengeluarkan dahak yaitu dengan minum air hangat, karena air hangat itu mempunyai fungsi sebagai ekspektoran alami.

Dan disaat badan atau anggota tubuh ada yang sedang nyeri, dianjurkan minum air hangat, karena ketika suhu tubuh sedang hangat, maka sirkulasi darah untuk mengalirkan ke berbagai jaringan akan lancar, serta meminimalisir rasa sakit.

Dari penjelasan di atas tentu masing-masing ada bagusnya, dan itu dilihat dari kondisi yang sedang terjadi. Sebagai contoh, saat kondisi perut sedang mengalami gangguan pencernaan, maka sangat tidak dianjurkan minum air dingin.

Begitu pula sebaliknya, sehabis berolahraga sangat tidak dianjurkan minum air hangat, karena bisa menambah suhu tubuh menjadi panas. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA