Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita CiamisLongsor Tutupi Badan Jalan di Kawali, Akses Kendaraan Ciamis- Cirebon Dialihkan

Longsor Tutupi Badan Jalan di Kawali, Akses Kendaraan Ciamis- Cirebon Dialihkan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah tebing yang berada di pinggir jalan raya Ciamis-Cirebon atau tepatnya di perbatasan Bojong-Hayawang blok Cihayam, Dusun Hayawang, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan mengalami longsor hingga menutupi badan jalan, Rabu (18/04/2018) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Akibatnya, arus lalu lintas kendaraaan Ciamis menuju Cirebon ataupun sebaliknya untuk sementara ditutup. Warga bersama petugas gabungan dari BPBD, Polri dan TNI hingga malam ini masih membersihkan matrial longsor yang menutupi badan jalan.

Informasi yang diperoleh dari pihak kepolisian, arus lalu lintas dari arah Cirebon menuju Ciamis dialihkan ke jalur sasak gantung Dayeuhluhur Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis. Sementara dari arah Ciamis menuju Cirebon dialihkan ke jalur Sukamantri-Maniis Majalengka.

Informasi terkait longsor yang menutupi badan jalan di Hayawang Kawali ini, sudah ramai diinformasikan warga melalui media sosial. Dari pantauan HR Online di media sosial facebook, sejumlah warga memberikan informasi bahwa jalur Ciamis-Cirebon tepatnya di daerah Cihayam Hayaang Kecamatan Kawali, ditutup sementara setelah longsor menutupi badan jalan.

Seperti pada status akun facebook Mas Dewa menginformasikan kepada pengendara sepeda motor dan mobil agar berhati-hati melewati jalan Hayawang Kawali. “Bagi pengendara motor mobil hati hati jln antara kawali cirebon macet total tepatnya di tikungan cihayam hayawang tanah longsor lumpur masuk ke jalan raya,”tulis Mas Dewa pada status facebooknya dengan menampilkan sejumlah foto di lokasi longsor.

Akun facebook atas nama Fikar Rahayu, warga Kawali, pun menginformasikan kabar serupa. Pada status facebooknya, Fikar Rahayu, menulis, “Longsor terjadi pada malam hari ini di jalan Kawali – Cirebon tepatnya di antara Bojong-Hayawang Desa Winduraja Kecamatan Kawali Ciamis, Jawa Barat. Jalan ini merupakan jalan provinsi. Jalan penghubung antara Kawali-Cirebon. Untuk sementara pengendara sepeda motor dan mobil tidak bisa lewat jalur ini. Bisa lewat jalan antara Kawali – Jatinagara. Trimakasih kurangnya seperti itu,”

Informasi terkait longsor di Hayawang Kawali Kabupaten Ciamis juga sudah masuk ke Hubdat Kementerian Perhubungan RI. Melalui akun facebook Rttmc Hubdat, menulis, “Info jam 22.43 (dari AnglebdishubJbr) : Cirebon – Cikijing ke Ciamis ditutup dr Kawali karena longsor, alternatif ke Jateng via Rajadesa/Rancah belok kiri di Hayawang,”. (R2/HR-Online)