Masyarakat Langkaplancar Pangandaran Gelar Deklarasi Pilkada Jabar Anti Hoax

Ratusan masyarakat yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Langkaplancar Bersatu (AMLB), menggelar Deklarasi Pilkada Jabar yang bersih dan anti hoax. Photo: Aceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ratusan masyarakat yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Langkaplancar Bersatu (AMLB), menggelar Deklarasi Pilkada Jabar yang bersih dan anti hoax, Kamis (12/04/2018). Mereka melakukan deklarasi di halaman Kantor Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, yang selanjutnya berjalan kaki menuju ke Kantor Panwascam Langkaplancar.

Koordinator aksi, Anton Rahanto, mengatakan, Pilkada hendaknya dijadikan proses dan mekanisme politik yang baik serta bermartabat, dengan senantiasa berpegang teguh terhadap Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, juga selalu menjungjung tinggi moral dan etika yang bersumber pada nilai-nilai agama dan budaya bangsa Indonesia, mengutamakan kepentingan umum serta hak azasi manusia, menghargai perbedaan pilihan, memelihara persatuan dan kesatuan demi terciptanya Pilkada Jabar yang bersih, berintegritas, aman dan damai.

“Ada lima pernyataan yang tertuang dalam deklarasi ini. Pertama, mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Kecamatan Langkaplancar, untuk mensukseskan Pilkada Jabar. Kemudian, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak politiknya secara bertanggungjawab, kritis, objektif, dan rasional, serta menjauhi praktek politik transaksional, kampanye hitam dan perbuatan yang tidak bermoral lainnya,” paparnya.

Ketiga, lanjut Anton, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur agar dilaksanakan dengan transparan, jujur dan adil. Menolak segala bentuk kecurangan, dan menolak keterlibatan ASN serta pejabat publik.

Dalam kesempatan itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Kunkun, mengatakan, berita hoax merupakan sumber perpecahan yang dapat mengadu domba antar umat.

“Masyarakat mendukung pihak kepolisian menindak tegas pelaku penyebar berita hoax, guna menjaga kondusifitas dan persatuan bangsa. Untuk itu, kami melakukan deklarasi anti hoax ini. Semoga ini menjadi bahan bagi kita semua dalam bertindak dan berprilaku,” tandasnya. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA