Nikmatnya Soto Jarkomi Ayam Kampung, Kuliner Khas Pangandaran

Para pengunjung tengah menikmati soto jarkomi ayam kampung di warung milik Lilis, di Pasar Pangandaran. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pangandaran dikenal sebagai salah satu kabupaten pariwisata di Jawa Barat. Selain menawarkan sejumlah lokasi obyek wisata, di Pangandaran juga banyak menawarkan berbagai hal unik lainnya, terutama kulinernya yang khas, dan salah satunya adalah soto jarkomi ayam kampung. Nah, bila anda berwisata ke Pangandaran, jangan lupa datang ke Pasar Pangandaran, karena di sana anda bisa menikmati kuliner soto jarkomi ayam kampung.

Soto yang satu ini selain rasanya enak, berbeda dengan soto lainnya, juga ciri khas wangi jeruk nipisnya tercium sangat segar. Soal harga, Anda cukup merogoh kocek Rp.15 ribu saja untuk bisa menikmati satu porsi soto jarkomi ayam kampung.

Menurut pedagang soto jarkomi, Lilis, bahwa soto yang dijualnya ini merupakan turun temurun dari keluarganya. Ia pun mengaku berjualan soto jarkomi di Pasar Pangandaran sejak tahun 1965 hingga sekarang.

“Dari mulai buka jam 6 pagi, dalam waktu kurang dari tiga jam soto jarkomi selalu habis di serbu pembeli yang hendak sarapan pagi. Dalam sehari saya mampu menjual lebih dari 150 porsi soto jarkomi,” tutur Lilis, kepada HR Online, Sabtu (14/04/2018).

Sementara itu, Aceng, salah seorang pelanggan yang sudah biasa membeli soto jarkomi, mengatakan, soto yang satu ini lain dari pada yang lain. Untuk itu wajar jika soto ini laku keras.

Warung soto jarkomi milik Lilis ini selalu buka setiap hari dari pukul 06.00 WIB, dan biasanya soto habis terjual paling lambat sampai pukul 09.30 WIB. Soto jarkomi ayam kampung yang dikelola oleh keluarga Lilis sengaja tidak membuka cabang di tempat lain, agar soto khas Pangandaran ini bisa tetap terjaga cita rasanya. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA