Pangandaran Masuk Nominasi Penerima Penghargaan OTDA dari Kemendagri

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) menerjunkan Tim Evaluasi daerah otonomi baru (DOB) ke Kabupaten Pangandaran. Kedatangan tim tersebut untuk melakukan evaluasi terkait berhasil dan tidaknya DOB Pangandaran.

Direktorat Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD Kemendagri, Yusharto H, M.Pd, ketika ditemui Koran HR, di Aula Setda Pangandaran, Rabu (04/04/2018), mengatakan, setiap tahun dilakukan penilaian mengenai 10 aspek keberhasilan DOB.

Aspek penilaian itu, kata Yusharto, meliputi tentang pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Penataan dan Pengisian Personil OPD, Pengisian Lembaga DPRD, Penyelenggaraan Wajib dan Pilihan, Pembiayaan dan Alokasi, Pengalihan Aset, Batas Wilayah, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Sarana dan Prasarana serta proses pengalihan ibu kota.

“Setiap tahun sekali 10 aspek tersebut kita lakukan evaluasi, sejauhmana perkembangannya. Dan kami juga akan menilai tiga bidang lainnya, yakni pendidikan, kesehatan dan tata ruang,” kata Yusharto.

Yusharto mengungkapkan, pada evaluasi tahun 2017 dari 18 DOB se Indonesia, Pangandaran mendapat skor tertinggi, dengan nilai skor 84,50. Dan Pangandaran masuk dalam daftar nominator penerima penghargaan pada hari OTDA tahun 2018.

“Terkait adanya temuan yang masih harus dibenahi, yaitu seperti kekurangan personalia ASN, baik kuantitas maupun kualitas, dan juga pembahasan penyusunan rancangan Perda RTRW, soal itu sudah pada tahap pembahasan di kementerian,” katanya.

Menurut Yusharto, pihaknya terus melakukan koordinasi ke lintas kementrian untuk mempercepat proses penyelesaian RTRW Kabupaten Pangandaran.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, mengatakan, pihaknya tidak ingin menjadikan penghargaan OTDA sebagai tujuan utama. Tapi, justru keberadaan DOB Pangandaran bisa rasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“ASN kita memang masih kurang, baik kuantitas maupun kualitasnya. Tambahan dari dua poin tersebut, adanya peningkatan. Posisi kita sekarang di angka 84,50. Ada peningkatan angka 5,5 saja. Posisi kita sudah baik, dan mudah-mudahan angkanya melebihi dari 90,” pungkasnya. (Mad/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA