Patut Ditiru, Kebiasaan Hidup Orang Jepang yang Membuat Tetap Sehat

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tahukah Anda berapa usia harapan hidup orang Jepang? Ternyata dari berbagai survei usia harapan hidup orang Jepang bisa mencapai sekitar 92 tahun, bahkan tidak sedikit yang melebihi usia 92.

Tingginya usia harapan hidup di Jepang tidak lain adalah gaya hidup yang sehat,  sehingga tidak salah jika yang dilakukan oleh orang Jepang patut ditiru. Bahkan di Pulau Okinawa, masih ada wanita tertua di dunia.

Dikutip dari Step to Health, alasan orang Jepang bisa hidup sampai setua itu selain dari genetik juga menjalankan pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Untuk itu, rata-rata penduduk Jepang yang berobat ke dokter hanya sebulan sekali.

Lantas bagaimana gaya hidup orang Jepang? Berikut ini rangkumannya.

# Rutin makan buah dan sayur lokal

Pola makan orang Jepang memang bisa dikatakan teratur. Seperti untuk makan siang menunya rendah kalori dan banyak nutrisi yang bersumber dari tumis sayuran plus tahu, kecap serta ubi jalar.

Selain sayuran, orang Jepang juga tidak ketinggalan makan ikan, dan menghindari atau tidak banyak minum susu. Sebagai gantinya di pagi dan malam, rutin minum teh yang sangat bagus untuk pencernaan karena banyak mengandung antioksidan.

Menu tambahan selain beras putih, mereka juga makan olahan beras merah yang ditambah dengan rumput laut.

# Sering bersepada atau jalan

Kebiasaan lainnya yang dilakukan orang Jepang yaitu dalam bepergian ke tempat kerja cukup dengan bersepeda atau jalan kaki. Hal itu disebabkan karena biaya kendaraan yang tidak murah, selain itu pula ditopang dengan tata kota yang begitu rapi khususnya untuk jalur pejalan kaki dan sepeda.

# Menikmati udara segar

Lahan yang dimiliki orang Jepang dimanfaatkan untuk bercocok tanaman dan menanam bunga.

Mereka juga rajin merawat bungan dan tanaman tersebut, karena penduduk Jepang sangat suka mengisi waktu luangnya di kebun untuk menghirup udara segar. Diyakini oleh mereka, bahwa menghirup udara segar bisa menyerap kalsium dan vitamis serta memperpanjang usia.

# Luangkan waktu dengan yang bermanfaat

Ilustrasi. Foto : net/ist

Untuk mengisi waktu senggang atau libur, mereka bukannya tidur seharian namun mengisinya dengan latihan relaksasi atau meditasi semacam Tai Chi. Bahkan di tempat-tempat umum tidak sedikit yang melakukan relaksasi atau santai untuk menghilangkan stres.

# Saling menjaga

Kebiasaan lainnya yang patut ditiru adalah saling menjaga antar keluarga. Hubungan antara orang tua dengan anak atau cucu di Jepang sangat harmonis. Itu bisa dilihat dengan tangggung jawab dan kepedulian anak terutama yang sulung untuk menjaga orang tua. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA