Pelajar Ini Sering Harumkan Nama Kota Banjar di Berbagai Kejuaraan Renang

Berita Banjar,(harapanrakyat.com),- Rentria Julia Nandary (15), awalnya tidak menyangka jika hobi berenangnya akan membawa dirinya berprestasi di cabang olahraga renang. Anak yang beranjak remaja kelahiran Tasikmalaya, 31 Juli 2003 itu kini mampu mengharumkan nama Kota Banjar di tingkat Provinsi Jawa Barat dan nasional.

Saat ditemui Koran HR di rumahnya, Jalan Tentara Pelajar, Dusun Girimulya, RT.007, RW.014, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Minggu (01/04/2018), Enci, sapaan akrab Rentria, menceritakan bahwa dirinya sangat mencintai olahraga renang sejak duduk di bangku kelas satu SD.

Anak pasangan dari A. Sikar dan Nani Nur’aeni ini mengaku, sejak saat itu ia terus berlatih hingga dirinya masuk ke salah satu club renang di Kota Banjar, yakni Banjar Aquatiq Club (BAC) di bawah pelatih Dodi Heryadi. Seiring dengan waktu dan rutin berlatih, ia pun mulai ikut berbagai kejuaraan renang.

“Kini saya mengikuti renang bukan karena hobi saja, melainkan saya ingin berprestasi di bidang olahraga air ini, sekaligus ingin membawa nama harum Kota Banjar di luar,” tuturnya.

Saat duduk di bangku kelas 1 SD, anak bungsu dari tiga bersaudara itu sudah mampu mengumpulkan medali terbanyak dari cabang renang, baik medali emas, perak, dan perunggu. Medali-medali tersebut didapatnya dari berbagai kejuaraan di tingkat Priangan Timur maupun di tingkat provinsi.

Kini, Enci sudah duduk di bangku kelas VIII SMPN 1 Banjar. Prestasi yang diraihnya meliputi juara II olahraga renang 50 meter gaya bebas putri se-Priangan Timur, Walikota Cup dan Banjar Aquatic Club, Juara II 100 meter gaya dada KU B putri dalam kejuaraan Speed Swimming Championship 2014 di Tasikmalaya. Juara II 50 meter gaya dada KU B putri dalam Speed Swimming Championship 2014 di Tasikmalaya.

Juara harapan I 50 meter gaya kupu KU B putri dalam Speed Swimming Championship di Tasikmalaya, juara harapan I 50 meter gaya bebas kupu KU B putri dalam Speed Swimming Championship 2014 di Tasikmalaya, juara harapan I 100 meter gaya bebas KU B putri Speed Swimming Championship 2014 di Tasikmalaya.

Selanjutnya, juara I 100 meter gaya dada SD A Priangan Timur putri tahun 2011, juara I 50 meter gaya bebas SD A Priangan Timur putri tahun 2011 pada kejuaraan renang antar pelajar SD se-Priangan Timur plus, tanggal 22 Oktober 2011 di Dadaha Tasikmalaya. Juara I 50 meter gaya dada SD A Priangan Timur putri tahun 2011 di Tasikmalaya, juara I 100 meter gaya bebas SD A se-Priangan Timur tahun 2011 di Tasikmalaya, juara I renang PI pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD tingkat Kota Banjar tahun 2014.

Kemudian juga, juara I renang PI pada O2SN jenjang SD tingkat Kota Banjar tahun 2015, juara I renang PI pada O2SN jenjang SD tingkat Kota Banjar tahun 2016, juara I renang PI pada O2SN jenjang SMP tingkat Kota Banjar tahun 2017, juara III 100 meter gaya dada PI jenjang SMP.

Kejuaraan renang pelajar se-Jawa Barat piala Brigif Raider 13/1 Kostrad bulan November 2017 meraih juara III 50 meter gaya dada PI jenjang SMP, dan pada bulan April 2018 ini akan mewakili Kota Banjar dalam POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) di Bandung.

Segudang prestasi yang telah diukir ini tak lepas dari dukungan orang tua, terutama dukungan dari ibunya, yakni Nani Nur’aeni. “Kami sebagai orang tua pastinya selalu mendukung dan mendo’akan yang terbaik bagi sang buah hati,” ucap Nani.

Ia selalu rajin mengantar anaknya, baik saat latihan maupun ketika mengukuti kejuaraan. Nani pun berharap, Pemerintah Kota Banjar bisa secepatnya memperbaiki kolam renang prestasi yang ada di Banjar Water Park (BWP). Karena, semenjak kolam tersebut tidak beroperasi, anaknya beserta tim renang di Kota Banjar terpaksa pindah latihan ke kolam renang yang ada di Kecamatan Langensari.

“Semoga kolam renang prestasi di BWP cepat diperbaiki, sehingga bibit-bibit atlet renang muda Kota Banjar tidak perlu jauh-jauh untuk latihan,” harap Nani.

Sementara itu, pelatih renang dari Banjar Aquatiq Club (BAC), Dodi Heryadi, mengatakan, sudah sekitar 3 tahun ini clubnya tidak latihan di BWP. Dirinya pun berharap kolam renang prestasi BWP segera diperbaiki.

“Kami mohon dengan sangat dan penuh harapan agar anak-anak bisa maksimal latihannya, sehingga tetap bisa membawa nama baik Kota Banjar di luar. Hampir setiap hari, yakni jam 4 sore, kami sekarang latihan di kolam renang yang ada di wilayah Kecamatan Langensari. (Hermanto/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar