Pembangunan Pelabuhan Bojongsalawe Pangandaran Capai 95 Persen

Pembangunan Pelabuhan Bojongsalawe yang sebentar lagi selesai. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pembangunan Pelabuhan Bojongsalawe yang terletak di Teluk Pananjung Barat atau di Teluk Parigi yang sedang dibangun menggunakan APBN tahun 2018 sebesar Rp. 28 Miliar sepanjang 448 meter sebentar lagi selesai pembangunannya.

Pelabuhan tersebut nantinya menjadi pelabuhan umum yang digunakan kapal-kapal pesiar, kapal penumpang hingga kapal kargo yang akan bersandar di Pangandaran.

Kepala Syahbandar Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Wilayah Kabupaten  Pangandaran, Fachrudin, mengatakan, proyek pembangunan Pelabuhan Bojongsalawe ditargetkan tahun 2018 ini selesai. Sehingga, nanti pada tahun 2019 pelabuhan tersebut sudah bisa beroperasi.

“Sekarang tinggal menyisakan pengecoran 14 meter lagi, dalam waktu dekat ini juga selesai. Sekarang sudah sampai 95 persen,” kata Fachrudin.

Menurutnya, pembangunan pelabuhan ini telah dimulai dengan dilakukan pemancangan tiang pancang yang digunakan berukuran 80 sentimeter dengan panjang 9 hingga 12 meter sejak bulan Juli 2013 lalu. Pelabuhan Bojongsalawe, kata ia, nantinya juga bisa digunakan kapal muat 5000 GT.

“Rencananya, pelabuhan ini menjadi pelabuhan utama untuk pelayanan niaga, sehingga bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Pangandaran. Kami harap dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat demi kelancara proses pembangunan ini. Jika nanti sudah selesai, kami yakin bisa menyerap tenaga kerja lokal, yakni dari Pangandaran,” pungkasnya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA