Pemkab Ciamis Resmikan Outlet Samsat Banjarsari

Outlet Samsat Banjarsari (tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor) resmi dibuka di pusat perbelanjaan BTC lantai dua. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kabar gembira bagi masyarakat wajib pajak kendaraan yang berada di wilayah Ciamis Selatan, seperti Kecamatan Banjarsari, Banjaranyar, Pamarican, Purwadadi dan Kecamatan Lakbok. Karena, saat ini Outlet Samsat Banjarsari (tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor) telah diresmikan Pemkab Ciamis di pusat perbelanjaan BTC lantai dua, Kamis (12/04/2018) siang tadi.

Acara peresmian Outlet Samsat Banjarsari dihadiri oleh pejabat Perpajakan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Ciamis, Kapolres Ciamis, serta tamu undangan seluruh kepala desa eks Kwadanan Banjarsari.

Kepala Cabang Bapenda Kabupaten Ciamis, Suhendra, mengatakan, dibukanya Outlet Samsat Banjarsari bertujuan untuk mempermudah pelayanan masyarakat di bidang pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Kita sebagai pemerintah mempunyai tugas mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Contohnya, saat ini kita membuka outlet pembayaran pajak kendaraan di wilayah Kecamatan Banjarsari. Di mana saat ini di Kabupaten Ciamis sudah ada dua Outlet Samsat, yaitu di Kawali dan Banjarsari,” terangnya.

Selain itu, lanjut Suhendra, ada juga Samsat Keliling yang setiap harinya menggunakan mobil, dan Samsat Gendong. Pihaknya tidak akan berhenti untuk melayani masyarakat. Bukan hanya didekatkan, namun juga dipermudah.

Bahkan, hari libur juga pihaknya tetap membuka pelayanan, seperti halnya malam Minggu diadakan Samkelmalming (Samsat Keliling Malam Minggu) yang dilakukan di Alun-alun Ciamis, dan untuk hari Ahadnya ada Samkel Ahad.

“Jadi, kita tidak ada istilah berhenti untuk melayani masyarakat. Dengan adanya Ooutlet Samsat ini, pelayanan kian mudah dan ada peningkatan. Di mana setiap tahun kita diberikan target oleh Pemprov Jabar yang lumayan besar,” ujarnya.

Suhendra menyebutkan, bahwa target tahun 2017 bisa tercapai. Dari PKB sampai BBN 1 dan BBN 2 ada peningkatan sekitar 105 persen. Sedangkan, untuk target tahun 2018 ini, PKB lebih dari Rp.64 miliar, dan untuk BBN sekitar Rp.42 miliar.

Pihaknya menilai, ketika pelayanan telah didekatkan dan dimudahkan, antusias masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor sangat tinggi. Diketahui yang tidak melakukan pendaftaran ulang jumlahnya menurun hingga 23 persen.

“Pada tahun 2017, Kabupaten Ciamis mendapatkan anugerah dalam kategori Peringkat Terbaik Pembayaran Pajak Kendaraan di tingkat Jawa Barat. Sedangkan, untuk tingkat kecamatannya adalah Kecamatan Cipaku yang mendapat predikat terbaik se-Jabar. Kalau untuk CPPD-nya, kita terbanyak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui E-Samsat,” pungkasnya. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA