Pengawasan Tenaga Kerja Asing di Pangandaran Diperketat

Tenaga kerja asing. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Untuk memberikan kesempatan bekerja kepada Warga Negara Indonesia (WNI), pemerintah memperketat pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA), khususnya yang menjadi tenaga kerja di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Menurut Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Industri dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran, Wawan Suryaman, tenaga kerja Warga Negara Asing (WNA) di Kabupaten Pangandaran saat ini hanya ada satu orang yang terdaftar.

“Tenaga kerja WNA yang dimaksud adalah direktur di salah satu hotel yang ada di Kabupaten Pangandaran. Jika ada yang menemukan WNA yang statusnya menjadi pekerja di Pangandaran, kami menghimbau untuk segera melaporkan ke Kantor Imigrasi Tasikmalaya,” katanya, Kamis (26/04/2018).

Sedangkan, untuk pengawasan ketenagakerjaan WNA saat ini ditangani oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat, dan untuk Priangan Timur sudah memiliki Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang bertempat di Tasikmalaya.

“Maksud dan tujuan pengawasan terhadap tenaga kerja WNA diperketat merupakan salah satu upaya untuk memberikan kesempatan bekerja kepada WNI. Adapun Unit Pelayanan Teknis yang ada di Tasikmalaya itu membawahi Kabupaten Garut, Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran,” pungkas Wawan. (Mad2/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA