Pengrajin Anyaman Bambu dari Rajadesa Ciamis Ini Ciptakan ‘Robot’ Mabokuy

Para pengrajin anyaman bambu dari Desa Purwaraja, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menciptakan sebuah karya seni yang dinamai Mabokuy atau Manusia Boboko dan Dudukuy. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Berawal dari menekuni anyaman Garabadan atau peralatan rumah tangga yang terbuat dari bambu, kini para pengrajin anyaman di Desa Purwaraja, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tengah mengembangkan karya barunya. Bukan lagi anyaman peralatan rumah tangga yang mereka buat, tetapi sebuah karya seni yang diberi nama Mabokuy. Ya, Mabokuy adalah akronim dari Manusia Boboko dan Dudukuy.

Karya seni ini memang mirip seperti robot. Hanya saja terbuat dari anyaman bambu. Karya Seni Mabokuy pun sudah beberapa kali tampil di berbagai acara helaran di sejumlah daerah. Dan karya seni ini ternyata mendapat sambutan positif dari publik.

Eman, Tokoh Masyarakat Purwaraja, kepada HR Online, Minggu (01/04/2018), mengatakan, keahlian masyarakat Desa Purwaraja dalam seni anyaman bambu sudah berlangsung secara turun temurun. Menurutnya, meski saat ini produk peralatan rumah tangga di pasaran banyak terbuat dari bahan plastik, namun hasil olah tangan masyarakat Desa Purwaraja ini tak pernah kalah bersaing. “Peralatan rumah tangga tradisional ini masih laris manis di pasaran. Bahkan, kualitas anyaman dari Purwaraja sudah dikenal dan banyak diminati masyarakat luar daerah. Permintaan barang pun terus meningkat. Hanya kalau di luar daerah dikenalnya anyaman bambu Rajadesa,” ujarnya.

Eman menjelaskan, mengembangkan seni anyaman bambu dengan menciptakan karya seni Mabokuy merupakan bagian dari pelestarian kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Desa Purwajaya. Dengan karya seni Mabokuy, kata dia, diharapkan kerajinan anyaman Desa Purwaraja bisa semakin dikenal luas. ” Karya seni Mabokuy ini tentunya sangat unik dan hanya ada di Desa Purwaraja saja. Makanya kami berharap karya seni ini bisa terus berkembang hingga bisa dikenal secara luas. Dan karya seni ini pun bisa menjadi salah satu icon Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Menurut Eman, karya seni Mabokuy rencananya akan tampil pada acara helaran MTQ tingkat Jawa Barat yang akan digelar di Sukabumi. Menurutnya, Mabokuy tampil di acara MTQ sebagai wakil kelompok seni dari Kabupaten Ciamis. “Diberi kepercayaan tampil di acara MTQ tentunya sebuah kebanggaan. Mudah-mudahan dengan sering tampilnya di berbagai acara, bisa semakin mengenalkan seni Mabokuy di masyarakat luas,” pungkasnya. (Dji/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA