Peringati Hari Kartini, Polwan Satlantas Polres Ciamis Mengenakan Kebaya saat Bertugas

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati Hari Kartini, sejulam Polwan dari Satlantas Polres Ciamis mengenakan baju kebaya saat bertugas. Tak hanya itu, mereka juga membagi-bagikan coklat kepada pengendara perempuan yang taat lalu lintas dan kebetulan melintas Jalan Jenderal Sudirman atau di depan Pendopo Ciamis, Sabtu (21/04/2018).

Kanit Turjawali Satlantas Polres Ciamis, Iptu Indri Yosita, mengatakan, pihaknya sangat bangga karena menjadi bagian dalam peringatan Hari Kartini tersebut. Bukan hanya mengenakan kebaya serta membagikan coklat saja, namun di hari yang sama para Polwan melakukan bakti sosial donor darah serta membagikan jilbab ke pengendara perempuan.

“Kita sangat bangga sekali sebagai perempuan Indonesia. Sebagai pelayanan masyarakat, kita bertekad memberikan layanan terbaik. Bukan hanya pada saat menjalankan tugas saja, namun juga saat waktu-waktu tertentu,” jelasnya kepada HR Online.

Sejatinya, kata Indri, Polwan sama seperti perempuan lainnya yang memiliki tanggungjawab keluarga serta menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya dan juga menjadi istri yang baik bagi suami. Dengan peringatan Hari Kartini ini, ia melihat sosok R.A Kartini sebagai sosok pahlawan yang memperjuangkan hak perempuan, seperti halnya laki-laki, dalam membangun bangsa.

Dengan memakai kebaya pada peringatan Hari Kartini, lanjut Indri, bukan hanya karena peringatan Hari Kartini saja, namun lebih pada penjiwaan sebagai perempuan. Sebab, dalam kebaya terdapat nilai kesopanan, apalagi pada saat itu para perempuan menggunakan jarit yang menunjukkan identitas asli Indonesia.

“Dahulu, semua perempuan tidak boleh mengenakan pakaian lain selain kebaya. Oleh karena itu, untuk memperingati Hari Kartini ini, kami berusaha mengenang masa-masa perjuangan Kartini dengan mengenakan kebaya saat bekerja,” jelasnya.

Dari pantauan HR Online di lapangan, para Polwan tampak memberhentikan satu per satu pengendara halnya dalam operasi lalu lintas. Bedanya, para Polwan setelah mengecek kelengkapan berkendara langsung memberikan coklat kepada pengendara yang taat lalu lintas dibuktikan dengan kelengkapan surat. Sementara yang diketahui melanggar, langsung diberikan peringatan di lokasi. (Heri/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar