(Pilgub Jabar) Ngobeng Ikan di Ciamis, TB Hasanudin Janjikan Program Ini Kepada Warga

Sekitar 5000 warga Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat mengikuti acara ngobeng ikan bersama Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, TB Hasanudin, di saluran sier irigasi yang membentang di wilayah Kecamatan Banjarsari dengan panjang sekitar 5 kilometer, Selasa (03/04/2018). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekitar 5000 warga Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (03/04/2018), mengikuti acara ngobeng ikan bersama Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, TB Hasanudin, di saluran sier irigasi yang membentang di wilayah Kecamatan Banjarsari dengan panjang sekitar 5 kilometer. Tak tangung-tanggung ikan yang ditabur pun sekitar 2 ton lebih. Sontak, acara ngobeng ini mendapat respon yang luar biasa dari warga setempat.

Acara Ngobeng Ikan ini merupakan rangkaian acara kampanye TB Hasanudin di wilayah Kabupaten Ciamis setelah sebelumnya menggelar acara bersama kalangan pesantren, budayawan, petani dan kader serta pengurus PDIP Kabupaten Ciamis.

Saat berbincang dengan warga, di sela-sela acara ngobeng Ikan di Banjarsari, Kang Hasan—sapaan akrab TB Hasanudin—mengatakan, sebagai anak petani, dirinya akan berjuang mensejahterakan para petani apabila terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat. Dia menambahkan, dirinya sudah mempersiapkan sejumlah program untuk meningkatkan kesajahteraan petani di Jawa Barat.

Calon Gubernur Jabar TB Hasanudin bersama Calon Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin, saat menyaksikan kesenian ebeg pada acara ngobeng ikan di saluran sier irigasi yang membentang di wilayah Kecamatan Banjarsari dengan panjang sekitar 5 kilometer, Selasa (03/04/2018). Foto: Eli Suherli/HR

“Kalau anak petani ini jadi Gubernur, seluruh petani di Jawa Barat harus bisa “sebeuh” (kenyang). Artinya, para petani bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari dan juga dapat mencukupi kebutuhan lainnya. Untuk mewujudkan hal itu, saya sudah memiliki sejumlah program untuk pertanian, salah satunya mempermudah petani mendapatkan akses bantuan dari pemerintah. Dan itu anggarannya ada. Tinggal bagaimana niat gubernurnya saja,” katanya.

Tak hanya di bidang pertanian, Kang Hasan juga menjanjikan akan menggulirkan bantuan Rutilahu (Rumah Tak Layak Huni) secara merata dan tempat sasaran. “Kalau saya jadi gubernur, tidak mau lagi ada warga miskin di Jawa Barat tinggal di gubuk reyot. Pokoknya seluruh warga Jabar harus punya tempat tinggal yang layak,” tegasnya.

Selain itu, Kang Hasan juga menyampaikan soal program pendidikan di Jawa Barat. Dia mengatakan, sekolah gratis dari mulai SD, SMP dan SMA, harus benar-benar terwujud  di Jawa Barat. “Sekolah gratis adalah hak warga Negara yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah. Dan itu juga anggarannya ada. Kecuali anggarannya dimakan oleh gubernurnya atau bupatinya, ya itu mah jelas tidak akan ada,” ungkapnya.

Kang Hasan juga meminta doa dan dukungannya kepada seluruh warga Jawa Barat, khususnya warga Kecamatan Banjarsari dan Kabupaten Ciamis, agar dirinya yang berpasangan dengan Anton Charliyan bisa terpilih menjadi Gubernur-Wakil Gubenur Jawa Barat pada perhelatan Pilgub Jabar yang akan digelar pada 27 Juni mendatang. “Kalau keinginan rakyat itu ingin terwujud, maka Hasanah (TB Hasanudin-Anton Charliyan) harus menang,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jabar TB Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah) Kabupaten Ciamis, Nanang Permana, mengatakan, pihaknya sengaja menggelar acara ngobeng ikan pada rangkaian kampanye Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanudin di Kabupaten Ciamis. Menurutnya, acara ngobeng ikan ini adalah acara yang digemari rakyat dari berbagai lapisan, sehingga TB Hasanudin bisa langsung berkomunikasi dengan warga untuk mendengar aspirasi rakyat.

“Selain bertatap muka dengan rakyat, kami juga ingin Kang Hasan bisa mendengar langsung aspirasi dari warga. Selain itu, Kang Hasan pun bisa langsung menyampaikan visi dan misinya kepada warga. Dan Alhamdulilah, tadi bisa dilihat, selama acara ini Kang Hasan bisa berbincang-bincang dengan warga dengan suasana penuh keakraban,” ungkapnya.

Nanang juga meminta doa dan dukungannya kepada warga Jawa Barat, khususnya warga Kabupaten Ciamis, untuk bersama-sama memenangkan pasangan Hasanah di Pilgub Jabar. “Visi dan misi Hasanah sangat pro rakyat. Untuk itu harus didukung oleh warga Jabar agar Hasanah menang di Pilgub Jabar dan mengemban amanah menjadi Gubernur-Wakil Gubernur periode 2018-2023. Sementara untuk di Pilkada Ciamis, mari kita dukung pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin, untuk kembali melanjutkan pembangunan dalam lima tahun kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, Entin, salah saeorang warga, mengaku sangat terhibur dengan adanya acara ngobeng ikan bersama Kang Hasan. Menurutnya, dirinya datang bersama suaminya dan berhasil mendapatkan ikan dari acara tersebut.

“Selain dapat ikan, saya juga bisa bertemu langsung dengan calon gubernur pilihan saya. Alhamdulilah, ternyata Pak TB Hasanudin orangnya ramah dan mau berbincang serta mau mendengarkan keluhan rakyat kecil. Saya doakan Pak TB Hasanudin bisa terpilih menjadi Gubernur Jabar,” ujarnya. (es/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA