(Pilgub Jabar) Saat di Ciamis, TB Hasanudin Janjikan Kesejahteraan Petani

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, TB Hasanuddin, saat berkunjung ke demplot padi Komunitas Mari Sejahtera Bersama (MSP) di Dusun Warungjati, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Senin (2/4/2018). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, TB Hasanuddin, melakukan rangkaian kegiatan kampanye di Kabupaten Ciamis. Purnawirawan TNI ini menyempatkan berkunjung ke demplot padi Komunitas Mari Sejahtera Bersama (MSP) di Dusun Warungjati, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Senin (2/4/2018).

Kang Hasan—sapaan akrab TB Hasanudin, mengatakan, peningkatan program pertanian akan menjadi salah satu fokus dirinya apabila terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat. Dia pun berjanji akan memperjuangkan kesajahteraan para petani dengan cara mempermudah dalam mendapatkan pupuk dan benih. Selain itu, kata dia, dirinya pun akan membantu para petani agar bisa menjual hasil pertaniannya dengan harga yang layak.

Untuk dapat meningkatkan hasil pertanian di Jawa Barat, kata Kang Hasan, perlu dibangun sejumlah waduk untuk mengairi sawah. Di Ciamis, menurutnya, pemerintah kini tengah membangun bendungan Leuwikeris yang nantinya harus optimal dalam pengairan areal pesawahan di wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya.

“Pokona petani di Jawa Barat kudu seubeuh (kenyang), kudu sejahtera hirupna. Apabila terpilih menjadi Gubernur Jabar, saya siap memajukan pertanian dengan target Jawa Barat menjadi daerah swasembada pangan dan petaninya sejahtera. Petani adalah tonggak kemajuan daerah, makanya harus didorong hidupnya agar sejahtara. Dan untuk memujudkan hal itu merupakan tanggungjawab pemerintah,” tegasnya.

Kang Hasan mengatakan, pihaknya pun akan mendorong seluruh kelompok tani di Jawa Barat wajib memiliki penyimpanan padi atau leuit. “Selain hasil pertaniannya bisa dijual, para petani pun harus menyimpan pangan untuk kebutuhan hidupnya. Dengan begitu, ketika hasil pertaniannya melimpah, petani tak hanya memikirkan menjual saja, tetapi  juga haraus memikirkan kebutuhan pangan untuk keluarganya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pun Kang Hasan ikut tandur bersama para petani Komunitas MSP. Kang Hasan tampak seperti sudah terbiasa dengan situasi persawahan. Hal itu tampak ketika dia begitu terampil saat menanam benih padi. Kang Hasan pun begitu akrab dengan para petani dan sesakali bercanda dengan selingi gelak tawa.

Komunitas Petani MSP ini merupakan kelompok binaan PDIP Kabupaten Ciamis. Kelompok tani ini pun sudah menghasilkan benih padi berkualitas yang diberi nama benih padi MSP. (es/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar