Saluran Pembuangan Ditutup Jadi Penyebab Banjir di Sukamaju Banjarsari Ciamis

Salah seorang warga tengah menunjukkan saluran pembuangan yang sering meluap dan mengakibatkan banjir. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Penyebab sering terjadinya banjir yang merendam lebih dari 200 rumah di Dusun Sukamaju, Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diduga kuat akibat ditutupnya saluran pembuangan oleh pemilik toko material. Seperti diungkapkan, Dadang, salah seorang warga setempat, kepada HR Online, Kamis (19/04/2018).

Menurut dia, sejak saluran itu ditutup, banjir kerap melanda lingkungannya. Warga bergarap Pemerintah Kabupaten Ciamis maupun Pemprov Jawa Barat, cepat mengambil sikap untuk memperbaiki saluran drainase yang sudah tertutup.

“Saluran pembuangan itu diduga sengaja ditutup oleh pemilik toko material, dari situ sering terjadi banjir. Makanya solusi satu-satunya untuk penanganan banjir di sini adalah dengan diperbaikinya saluran tersebut,” tandas Dadang.

Kepala Desa Banjarsari, Ropik Hikmayana, membenarkan, bahwa memang penyebab utama terjadinya banjir di wilayah Sukamaju akibat tidak berfungsinya saluran pembuangan yang ada di jalur jalan provinsi.

“Akibat saluran ini tertutup, otomatis saat hujan turun air selalu masuk ke pemukiman padat penduduk. Di situ ada 200 rumah lebih yang selalu kebanjiran. Maka dari itu kami saat ini tengah mengajukan ke pemerintah agar hal ini bisa ditangani secepatnya. Selain itu, untuk mengurangi keresahan warga, kami juga saat ini sedang menggarap pembangunan saluran pembuangan dengan menggunakan anggaran dana desa,” kata Ropik. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar