Smartphone Ini Mahal di Zamannya, Sekarang Harganya Turun Drastis

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Harga smartphone kelas premium saat ini bisa mencapai 3 sampai 4 kali lipat lebih rata-rata gaji orang Indonesia. Seperti ponsel cerdas flagship buatan Samsung atau Apple yang terkenal dengan kualitas termutakhir namun harganya tidak murah.

Seperti kita ketahui bahwa Samsung dengan seri S9 Plus dijual dengan harga 12 jutaan rupiah serta Apple dengan produknya iPhone X dibanderol kurang lebih 19 jutaan rupiah.

Tentu dengan harga segitu mahalnya akan membelinya pun akan berpikir dua kali. Salah satu cara untuk mendapatkan smartphone mahal itu yaitu dengan menunggu harganya turun drastis.

Nah berikut ini smartphone mahal yang harganya sudah turun. Jika Anda tertarik berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

# Sony Xperia Z5

 

Dipasarkan bulan November 2015 lalu, smatphone Sony seri Xperia Z5 pertama kali keluar dilego Rp. 10 jutaan. Akan tetapi saat ini, ponsel cerdas yang punya fitur anti debu dan tahan air ini dilego sekitar 4 jutaan rupiah.

Bagaimana dengan spek lainnya. Sony Xperia Z5 memiliki ukuran layar 5,5 inci dengan aspek ratio 16:9. Pelindung layar menggunakan scratch-resistant glass, oleophobic coating.

Untuk urusan otak, dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810, dengan didukung CPU Octa-core (4×1.5 GHz Cortex-A53 & 4×2.0 GHz Cortex-A57) dan RAM 3 GB serta internal memori 32 GB.

Kemudian kamera menggunakan kamera Alpha dari Sony, dengan lensa belakang 23 MP autofokus, dan selfie 5,1 MP. Kapasitas baterai 3430 mAh, dan OS Android 5.1.1 (Lollipop) yang bisa diupgrade sampai 7.0 (Nougat).

# Xiaomi Mi5

Xiaomi Mi5 keluaran April 2016 lalu dijual dengan harga Rp 4 sampai 5 jutaan, kini harganya turun drastis sekitar Rp 3 jutaan. Meski seudah dua tahun dan harganya turun, namun smartphone ini masih banyak diburu.

Xiaomi Mi5 cocok untuk Anda yang suka main gim di smartphone. Karena, ponsel cerdas ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang sudah teruji untuk bermain gim ringan maupun berat.

Sebagai pendukung kinerjanya, juga dibekali dengan CPU Quad-core, GPU Adreno 530, RAM 4 GB, dan memori internal 128 GB, serta kapasitas baterai 3000 mAh.

Desain Xiaomi Mi5 pun sangat elegan, yang didukung dengan layar 5,15 inci, resolusi 1080 x 1920 pixels, dan aspek ratio16:9. Selain itu juga dilindungi Corning Gorilla Glass 4.

# iPhone 5S

Produk dari Apple juga tidak ketinggalan ikut turun harga. Seri iPhone 5S yang keluar 2014 ini dijual sekitar 11 jutaan rupiah, dan sekarang turun harga sekitar Rp. 2 jutaan.

Apabila dilihat dari spesifikasi dan dibandingkan dengan sekarang memang ketinggalan jaman. Seperti chipset memakai Apple A7, CPU Dual-core 1.3 GHz Cyclone, RAM 1 GB dan layar 4 inci. Namun, iPhone 5S mempunyai keunggulan tersendiri yaitu dari sisi software-nya.

# Samsung Galaxy Note 4

Sama seperti iPhone 5S, Samsung Galaxy Note 4 juga muncul tahun 2014. Meski dikategorikan smartphone lawas, akan tetapi fitur yang ada di Samsung Galaxy Note 4 jarang ada di smartphone zaman now.

Seperti fitur sensor detak jantung, kamera 16 MP yang dibekali dengan sensor CMOS, dan S-Pen.

Dengan spek yahud di zamannya, seperti chipset Qualcomm APQ8084 Snapdragon 805
Exynos 5433, RAM 3 GB, harga jual Samsung Galaxy Note 4 pertama kali keluar Rp 9,5 juta, namun hampir 4 tahun berselang saat ini dipatok sekitar Rp 4-5 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar