Suka Ngiler Saat Tidur Malam? Mulai Sekarang Cegah dengan 4 Tips Ini

Ngiler saat tidur malam. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Sialorrhea atau ngiler adalah keluarnya air liur dari mulut dalam jumlah berlebih. Saat kamu tidur nyenyak di malam hari, tapi ketika terbangun dipagi harinya kondisi bantal sudah ada gambar pulau akibat ngiler. Tentu saja hal ini bikin risih bukan?

Jika kamu ingin terhindar dari masalah tersebut, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Seperti yang dilansir detikHealth, Jum’at (20/04/2018), berikut ini adalah penjelasannya;

Ubah posisi tidur

Ubahlah posisi tidur yang bisa membuatmu lebih mengontrol aliran air liur dari mulutmu tidak sampai menetes ke bantal. Caranya, menghindari posisi tidur yang membuat kamu kesulitan bernapas, misalnya tidur dengan perut menekan alas tidur. Malam ini coba kamu tidur dengan posisi terlentang atau posisi lain yang sekiranya kamu tidak akan ngiler.

Gosok gigi

Jika kamu tidak menjaga kesehatan mulut, jangan harap kamu bisa terbebas dari ngiler saat tidur. Ingat, kesehetan mulut adalah nomor satu! Kesehatan mulut yang tidak terjaga bisa memancing adanya peradangan.

Peradangan inilah yang membuat mulut memproduksi air liur dalam jumlah banyak. Makanya tak heran bila seseorang bisa ngiler akibat malas gosok gigi.

Banyak minum air

Untuk mengurangi kebiasaan ngiler, mungkin kamu butuh minum air lebih banyak, karena tetap terhidrasi akan mengurangi air liur yang kamu hasilkan. Menurut American Dental Association, menjaga keseimbangan air lir yang sehat di mulut itu penting. Sebab, air liur punya peran penting dalam melindungi tubuhmu dari infeksi.

Atasi sleep apnea

Gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur atau disebut sleep apnea, salah satunya adalah ngiler. Dalam kondisi ini, saluran udara terhambat akibat dinding tenggorokan mengendur dan menyempit.

Untuk sleep apnea, perawatan yang paling dianjurkan adalah sesuatu yang disebut mesin CPAP (Continuous Positive Airway Pressure. Mesin ini tak hanya membantu kamu tertidur nyenyak, tapi juga akan memastikan kalau kamu berada pada posisi aman dan bernapas dengan benar di malam hari. Mungkin saja kamu masih bisa ngiler saat menggunakan mesin CPAP. Bila hal itu terjadi, segera konsultasikan kepada dokter. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA