Supaya Tidak Dicuri Hacker, Segera Hapus 5 Hal Ini dari Facebook

Hati-hati ketika membagikan informasi pribadi di Facebook. Photo: Ilustrasi.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Seberapa terbuka kamu di media sosial seperti Facebook? Apakah kamu mencantumkan tanggal lahir, alamat rumah sampai nomor telepon asli? Tahukah kamu bahwa semua data tersebut bisa digunakan untuk menyerang balik kamu. Jadi, kamu harus hati-hati ketika membagikan informasi pribadi di media sosial. Dikutip dari akun about.com, segera benahi akun Facebook kamu dengan cara menghapus 5 hal berikut ini;

Tanggal lahir

Bagi para pelaku pencurian identitas di dunia maya, tanggal lahir tentu menjadi informasi yang sangat berguna. Pasalnya, tanggal lahir menjadi kunci penting buat seseorang yang berpura-pura menjadi diri kamu. Makanya lebih baik hapus informasi ini dari profil akun Facebook kamu. Tapi, bila memang hal ini harus diisi sebagai syarat dalam membuat akun, kamu cantumkan saja tanggal kelahiran tanpa tahun kelahiran.

Alamat rumah

Rumah merupakan “benteng pertahanan” terbaik yang kamu miliki. Kalau ini diumbar ke publik, maka kamu ada dalam posisi ringkih. Apakah kamu bisa menjamin kalau semua teman kamu di Facebook itu orang baik semua? Atau kamu bisa jamin akun mereka tidak dibajak orang tak bertanggungjawab dengan mengoleksi alamat rumah yang bertebaran pada akun Facebook?

Nomor telepon

Jangan berani-berani mencantumkan nomor telepon kamu, sebab hal ini bisa menjadi informasi penting bagi orang yang ingin melacak keberadaanmu. Jika kamu mau membagi nomor kontak pribadi, sebaiknya gunakan jaringan pribadi.

Status hubungan

Mencantumkan status hubungan membuat seseorang, terutama wanita, bisa dikuntit orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini, biasanya yang menjadi incaran adalah status hubungan “single” dan “rumit.” Selain itu, kamu juga bisa jadi sasaran orang-orang yang mencari jomblo melalui Facebook Graph Search.

Informasi terkait pekerjaan

Mungkinkamu bangga bisa bergabung dalam sebuah perusahaan besar. Tapi, jangan sampai rasa banggamu itu berlebihan dengan mencantumkan semua aktivitas terkait pekerjaan di akun Facebook kamu. Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan suka publikasi seperti itu karena kamu dianggap sebagai wajah perusahaan di masyarakat. Bila kamu bertingkah laku tak sesuai dengan yang mereka inginkan, maka kamu bisa mendapatkan masalah.

Publikasi di akun media sosial juga bisa menjadi “jendela” bagi para kompetitor perusahaan dengan melihat kinerja karyawannya. Kamu tentunya tidak ingin rahasia perusahaan diintip oleh kompetitor kan? Jadi, berhati-hatilah saat memberikan informasi pribadi di media sosial. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar