Tahun Ini, Pemkab Pangandaran Ajukan 650 Kuota CPNS

Sekda Pangandaran, Mahmud. Photo: Dok. HR Online.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Guna memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pangandaran di tahun 2018 mengajukan sebanyak 650 kuota untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Pemerintah Pusat mulai April hingga Mei 2018.

Sekda Pangandaran, Mahmud, mengatakan, jumlah tersebut sesuai dengan hasil konsultasi pihaknya ke Kemenpan-RB. Arahannya, pemerintah kabupaten/kota bisa mengajukan kuota CPNS jika belanja pegawai pada APBD kurang dari 50 persen.

“Kebetulan formulasi APBD Kabupaten Pangandaran saat ini untuk biaya belanja pegawai kurang dari 50 persen. Kita lebih banyak untuk belanja pelayanan publik. Sehingga kita bisa mengajukan kuota CPNS,” kata Mahmud.

Saat ini, tambah Mahmud, jumlah PNS di Pangandaran tercatat sebanyak 3.577. Apabila mengacu pada rumus rasio beban kerja, tentunya jumlah tersebut tidak sesuai dengan jumlah penduduk yang ada. Maka dari itu, penerimanan CPNS di Pangandaran sangat diperlukan.

Mahmud menambahkan, sejak Pangandaran menjadi kabupaten, PNS yang dilimpahkan sebanyak 3.964. Seiring berjalannya waktu, terdapat penambahan dari pengangkatan Kategori 2 (K2) serta tenaga kontrak sebanyak 759.

“Karena SMA dan Kehutanan diambil kewenangannya oleh Provinsi, maka Pangandaran kehilangan sebanyak 285 pegawai,” pungkasnya. (Mad2/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA