Tanggul Irigasi di Blok Cigaron Langensari Banjar Jebol

Tanggul irigasi di Blok Cigaron, Dusun Kedungwaringin, RT 01 RW 05, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, jebol, Rabu (04/04/2018). Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Tanggul irigasi di Blok Cigaron, Dusun Kedungwaringin, RT 01 RW 05, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, jebol, Rabu (04/04/2018). Jebolnya tanggul irigasi tersebut diduga kuat akibat tingginya debit air irigasi selama beberapa hari belakangan ini.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Koran HR, Rabu (04/04/2018), sebelumnya tanah tanggul irigasi tersebut didapati dalam kondisi retak. Bahkan sudah ada upaya dari warga untuk menutupi retakan tanah itu dengan karung. Tapi karena derasnya air, kondisi tanggul tak bisa bertahan lama.

Wawan, petani setempat, ketika ditemui Koran HR, Rabu (04/04/2018), menuturkan, air dari saluran yang jebol itu akhirnya membanjiri hektaran sawah milik petani. Selain itu, air juga turun ke saluran pembuangan.

“Kemarin sih jebolan airnya kecil. Tapi hari ini semakin besar dan deras. Memang ada retakan tanah. Kala debit air irigasi tinggi, ya jadinya jebol. Takutnya ini banjir dan merendam sawah kami,” katanya.

Menurut Wawan, sampai saat ini belum ada upaya atau penangangan dari pihak yang berwenang untuk memperbaiki kondisi tanggul tersebut. Dia mengaku khawatir jika kondisi tersebut justru mengakibatkan banjir besar.

“Kalau tidak segera diperbaiki, bisa-bisa banjir dan kami bisa rugi,” katanya.

Sugianto, petani lainnya, berharap, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Banjar meninjau ke lokasi dan segera mengagendakan perbaikan, agar para petani di wilayah itu tidak terus dihantui bencana banjir. (Nanks/R4/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar