UNBK SMAN 1 Banjarsari Ciamis, Siswa Dilarang Bawa Handphone

Sebelum memasuki ruang ujian, guru pengawas melakukan penyisiran kepada setiap siswa yang membawa handphone. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejak hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ratusan siswa SMAN 1 Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tidak diperbolehkan membawa tas maupun alat komunikasi ke ruang ujian.

Kepala SMAN 1 Banjarsari, Irsyadul Hayat, mengatakan, pelaksanaan UNBK yang dilaksanakan di sekolahnya itu diikuti 387 peserta siswa kelas XII. Mereka akan mengikuti ujian berbasis komputer dari muai hari Senin-Kamis (09-12/04/2018).

“UNBK tahun ini diikuti oleh 387 peserta didik, diantaranya 237 dari jurusan IPA dan 150 jurusan IPS. Dalam UNBK saat ini kami melaksanakan tiga shift, mengingat keterbatasan komputer yang ada,” terang Irsyad, kepada HR Online.

Meski begitu, namun pihaknya sudah sejak jauh hari mempersiapkan untuk antisipasi terjadinya sesuatu hal yang tidak terduga selama kegiatan UNBK. Seperti halnya komputer cadangan serta persiapan genset guna mengantisipasi terjadinya mati lampu.

Pantauan HR Online di SMAN 1 Banjarsari, sebelum memasuki ruang ujian, para pengawas menyisir seluruh siswa yang membawa handphone dan harus dititipkan di meja pengawas. Pasalnya, semua peserta UNBK tidak diperbolehkan membawa alat komunikasi dan tas ke dalam ruang ujian. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA