Video ASN Karokean Saat Jam Kerja Viral di Medsos, Pemkab Ciamis ‘Buru’ Pelakunya

Wanita berseragam Aparatur Sipil Negara (ASN) berlogo Pemerintah Kabupaten Ciamis yang terdapat di video viral karokean saat jam kerja. Foto: Facebook

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Adegan video yang menampilkan seorang wanita berseragam Aparatur Sipil Negara (ASN) berlogo Pemerintah Kabupaten Ciamis tengah berkaraoke saat jam kerja dan belakangan viral di media sosial facebook, kini diburu oleh sejumlah kalangan. Pasalnya, sampai sekarang aksi ASN karokean di video viral itu masih menuai kecaman dari berbagai pihak.

Pjs. Bupati Ciamis, Deddi Mulyadi, ketika ditemui Koran HR, Senin (02/04/2018), mengaku belum mengetahui secara pasti kapan dan siapa wanita berseragam ASN yang terdapat dalam video viral ASN karokean saat jam kerja tersebut.

“Bila tidak tahu persis kapan kejadiannya dan dimana tempat kejadiannya, apa yang harus ditindaklanjuti,” katanya.

Meski begitu, kata Deddi, pihaknya sudah menugaskan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Ciamis untuk menindaklanjuti video viral seorang wanita ASN karokean saat jam kerja itu.

Diakui Deddi, menggunakan fasilitas kantor apalagi untuk karokean pada saat jam kerja memang melanggar aturan. Menurut dia, aksi yang dilakukan wanita berseragam ASN dalam video viral tersebut tentunya akan berbuah sanksi.

Sekretaris Inspektorat Kabupaten Ciamis, Dadang Mulyatna, ketika dimintai tanggapan, Senin (02/04/2018), menegaskan, pihaknya akan melakukan investigasi terkait video viral wanita berseragam ASN sedang karokean saat jam kerja yang sudah terlanjur menyebar di masyarakat itu.

“Kami akan investigasi secepatnya. Hal itu untuk memastikan apakah dia ASN atau bukan, dan kejadiannya apakah saat jam kerja atau bukan,” katanya.

Jika ASN, kata Dadang, pihaknya akan melihat sejauhmana tingkat kesalahannya. Karena menurut aturan, pada jam kerja ASN harusnya bertugas melayani masyarakat. Dan jika dilakukan di luar jam kerja, ASN tidak etis menggunakan fasilitas negara dan mengenakan seragam ASN saat karokean.

Lebih lanjut, Dadang menuturkan, jika ASN itu yang terbukti melanggar aturan, maka yang bersangkutan terancam mendapatkan sanksi, mulai dari teguran ringan sampai berat, baik secara lisan ataupun tertulis.

“Atau bisa juga mendapatkan sanksi penundaan gaji, penurunan pangkat bahkan sampai pemecatan,” katanya.

Namun demikian, Dadang mengaku, pihaknya tidak akan gegabah dalam menerapkan sanksi tersebut. Apalagi, sanksi bagi ASN diputuskan bukan oleh Inspektorat, melainkan oleh tim Adhock yang terdiri dari Kepegawain, Inspektorat dan Instansi induk ASN yang bersangkutan.

Sementara itu, menanggapi video viral ASN karokean saat jam kerja, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, menyesalkan perilaku serta pelanggaran disiplin yang dilakukan oknum ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis tersebut.

Iwa menegaskan, ASN terikat oleh aturan agar melaksanakan tugas melayani publik sebaik-baiknya saat jam kerja. Menurut dia, oknum ASN tersebut akan mendapatkan pembinaan dari BKSDM Kabupaten Ciamis.

Senada dengan itu, Ketua Lembaga Penetian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Galuh, Endin Lidinillah, berpendapat, video viral ASN karokean saat jam kerja menjadi bukti lemahnya upaya pemimpin mendisiplinkan pegawainya.

Endin menilai, lambannya upaya Inspektorat mengungkap oknum ASN dalam video viral itu juga menunjukkan tidak adanya sinergitas diantara pemangku kebijakan. Padahal menurut dia, Sekda Ciamis bisa memanggil dan menginstruksikan setiap Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengungkapnya.

“Kalau sampai tidak juga ditemukan, jelas masalahnya adalah sistem birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah,” katanya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis, Hendri Firmansyah, dan Ketua Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ciamis, Miftah Farid, memberikan penilaian serupa.

Keduanya mendesak pemerintah untuk segera mengungkap oknum ASN yang terdapat dalam video viral ASN karokean saat jam kerja tersebut. Terlebih, oknum ASN itu sudah mencoreng nama baik Pemerintah Kabupaten Ciamis. (Deni/Heri/Koran-HR)

Berita Terkait: Video ASN Ciamis Karokean Saat Jam Kerja Viral di Internet

KOMENTAR ANDA

Komentar